, TAUFIK ISMAIL (2012) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG MATA PELAJARAN SEJARAH DAN SIKAP SISWA TERHADAP GURU SEJARAH DENGAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XII IPS SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 1 PUNGGUR LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Masters thesis, Fakultas KIP.
|
File PDF
Cover.pdf - Published Version Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRACT.pdf - Published Version Download (63Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN TESIS.pdf - Published Version Download (6Kb) | Preview |
|
File PDF
Bab I, II, III, IV,V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (741Kb) |
||
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (788Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang mata pelajaran sejarah dan sikap siswa tehadap guru sejarah dengan prestasi belajar sejarah siswa kelas XII IPS semester ganjil SMA Negeri 1 Punggur Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012 Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS semester ganjil SMA Negeri 1 Punggur Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 115 orang siswa. Sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian berjumlah 89 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan rumus T. Yamane dengan teknik proporsional random sampling. Pengujian hipotesis pertama, kedua dan ketiga menggunakan statistik t dan hipotesis keempat menggunakan statistik F. Berdasarkan analisis data diperoleh data hasil penelitian yang menunjukkan bahwa: 1. Ada hubungan antara persepsi siswa tentang mata pelajaran sejarah dengan sikap siswa terhadap guru sejarah siswa kelas XII IPS semester ganjil SMA Negeri 1 Punggur Tahun Pelajaran 2011/2012 hal tersebut dapat dilihat dari nilai korelasi product moment yang menunjukkan bahwa r hitung > r tabel atau 0,629 > 0,208. Korelasi product moment yang diperoleh di atas bertanda positif. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang positip dan searah atau dengan kata lain, peningkatan nilai persepsi siswa akan diikuti oleh peningkatan nilai sikap siswa. 2. Ada hubungan persepsi siswa tentang mata pelajaran sejarah dengan prestasi belajar sejarah siswa kelas XII IPS semester ganjil SMA Negeri 1 Punggur Tahun Pelajaran 2011/2012 yang dibuktikan dari hasil perhitungan uji t yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 7,214 > 1,988 dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,612 dan koefisien determinasi (r2) sebesar 37,4%. iii 3. Ada hubungan sikap siswa terhadap guru dengan prestasi belajar sejarah siswa kelas XII IPS semester ganjil SMA Negeri 1 Punggur Tahun Pelajaran 2011/2012 yang dibuktikan dari hasil perhitungan uji t yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 6,237 > 1,988 dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,556 dan koefisien determinasinya (r2) sebesar 30,9% 4. Ada hubungan antara persepsi siswa tentang mata pelajaran sejarah dan sikap siswa terhadap guru sejarah dengan prestasi belajar sejarah siswa kelas XII IPS semester ganjil SMA Negeri 1 Punggur Tahun Pelajaran 2011/2012 yang dibuktikan dari hasil perhitungan uji F yang menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel yaitu 31,484 > 3,103 dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,650 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 42,3%. iv
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | > H Social Sciences (General) > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 20 May 2014 01:25 |
Terakhir diubah: | 20 May 2014 01:25 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1645 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |