EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP

Dasiun Paulus Manik, 0743023009 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (64Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (149Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (146Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (67Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (116Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (327Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan dalam me-ningkatkan penguasaan konsep siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent (pretest postest) control group design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Bangun Rejo Lampung Tengah Tahun Pelajararan 2014 /2015. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI1 sebagai kelas kontrol. Model pem-belajaran inkuiri terbimbing dikatakan efektif apabila secara statistik terdapat perbedaan rata-rata n-Gain penguasaan konsep yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata n-Gain penguasaan konsep siswa untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 0,46 dan 0,41. Hasil uji hipotesis (uji-t), diperoleh rata-rata n-Gain penguasaan konsep siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan pada kelas eksperimen lebih besar daripada dengan rata-rata n-Gain penguasaan konsep pada kelas kontrol. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa. Kata kunci: efektivitas, model pembelajaran inkuiri terbimbing, penguasaan konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 5410193 . Digilib
Date Deposited: 30 Dec 2015 06:48
Last Modified: 30 Dec 2015 06:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16451

Actions (login required)

View Item View Item