PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI PERMAINAN SIMULASI SISWA KELAS V SDN 2 BRANTI RAYA KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

1013079081, Norma Siregar PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI PERMAINAN SIMULASI SISWA KELAS V SDN 2 BRANTI RAYA KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.

[img]
Preview
Text
BAB II2.pdf

Download (155Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (279Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (122Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV rev.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (238Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN JUDUL.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover 2.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar gambar.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (68Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar tabel.pdf

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (3860b) | Preview
[img]
Preview
Text
pernyataasn.pdf

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
persembahan.pdf

Download (105Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
persetujuan.pdf

Download (4017b) | Preview
[img]
Preview
Text
sanwacana.pdf

Download (107Kb) | Preview

Abstrak

Terdapatnya aktivitas dan hasil belajar siswa yang tidak maksimal sebesar 48.3% pada pembelajaran PKN di kelas VB SDN 2 Branti Raya, memerlukan solusi untuk meningkatkan kedua aspek tersebut. Guru memilih permainan simulasi sebagai salah satu cara untuk mencapai tujuan pembelajaran yaitu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang dilaksanakan dalam bentuk penelitian tindakan kelas melalui 3 siklus. Dalam siklus yang dilakukan, terdapat empat tahap yang harus dilalui oleh peneliti, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan pengumpulan data serta refleksi. Setelah data dikumpulkan melalui observasi dan tes hasil belajar, maka diperoleh kesimpulan bahwa Model permainan simulasi dapat membantu meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran PKn. Pelaksanaan tindakan siklus 1 siswa yang memperoleh aktivitas rendah 43.3%, siklus 2 pada persentase 23.3% dan pada siklus 3 berkurang pada persentase akhir 13.3%. Model permainan simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran PKn. Peningkatan itu dapat dilihat pada dari pelaksanaan siklus 1 siswa yang tidak mencapai KKM 63.3 % dan pada siklus 2 siswa yang belum tuntas 33.3% dan pada siklus 3 seluruh siswa mencapai KKM 0% Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar dan Model Permainan Simulasi

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 31 Dec 2015 06:29
Terakhir diubah: 31 Dec 2015 06:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16452

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir