ZIRVITA ZIRVITA, 1313093159 (2015) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SUMBERREJO KECAMATAN BATANGHARI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR TP 2015-2016. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (304Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (127Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (396Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GRAFIK.pdf Download (196Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFATAR ISI.pdf Download (215Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMABR.pdf Download (196Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFATAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (220Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (105Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (208Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (208Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (66Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf Download (256Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (213Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (685Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (1130Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (639Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (412Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah guru mengeluhkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Pembelajaran PKn di SDN 1 Sumberrejo Kecamatan Batanghari Lampung Timur hasil belajar siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 70, sedangkan pencapaian hasil belajar siswa hanya 66,52. Hal ini disebabkan karena guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional sehingga kurang merangsang siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran serta guru belum pernah menggunakan model pembelajaran Kontekstual atau Contextual Teaching and Learning (CTL). Tujuan penelitian adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn kelas IV SD Negeri 1 Sumberrejo Kecamatan Batanghari Lampung Timur dengan menerapkan Model Contextual Teaching and Learning. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui langkah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumen hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan Model Contextual Teaching and Learning dapat membantu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Dari serangkaian tindakan yang telah dilaksanakan tampak adanya perubahan yang berkelanjutan dalam aspek-aspek aktivitas siswa pada siklus I 74% meningkat pada siklus II sebesar 87% dan terjadi peningkatan sebesar 13%. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 74,4 sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan dengan mencapai rata-rata 84,6. Peningkatan rata-rata siklus I ke siklus II adalah 10,2. Kata Kunci : Aktivitas, model pembelajaran CTL, hasil belajar,
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 5859646 . Digilib |
Date Deposited: | 30 Dec 2015 07:28 |
Terakhir diubah: | 30 Dec 2015 07:28 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16460 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |