1013079176, AHMAD BUHORI (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DEVISION BAGI SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 2 SERDANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.
|
File PDF
bab 2.pdf Download (126Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 1.pdf Download (119Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (146Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (290Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab V.pdf Download (106Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (314Kb) |
||
|
File PDF
DAFTAR gambar.pdf Download (3711b) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR tabel.pdf Download (3911b) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.PTK.pdf Download (418Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf Download (301Kb) | Preview |
|
|
File PDF
halaman persembahan.pdf Download (105Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Kata Pengantar.pdf Download (204Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pernyataan ASli skripsi.pdf Download (303Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Riwayat Hidup.pdf Download (210Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (244Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.ptk.pdf Download (112Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran Matematika yang disajikan dengan ceramah dan latihan-latihan individual sering tidak disukai oleh para siswa, akibatnya hasil belajar selalu rendah atau sebagian kecil yang memenuhi KKM. Untuk menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan, menantang dan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar, maka perlu perubahan pembelajaran yang menarik yang pada penelitian ini menerapkan pembelajaran model kooperatif tipe STAD. Penelitian dilakukan dengan subyek 30 siswa kelas IV SD Negeri 2 Serdang. Pengambilan data menggunakan observasi, tes tulis, serta dokumentasi. Penelitian dilakukan dua siklus, setiap siklus dilakukan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Perbaikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siklus I, menunjukan aktivitas pembelajaran klasikal mencapai 53,33%. Aktivitas kegiatan diskusi kelompok mencapai 63,08%, dan aktivitas kegiatan pembelajaran individu mencapai 62,08%. Sedangkan hasil belajar pada Siklus I diperoleh rata-rata 56,00, dimana hanya 60,00% yang memenuhi KKM >60. Pada Siklus II terjadi peningkatan proses pembelajaran, menunjukan aktivitas pembelajaran klasikal menjadi 72,66%. Aktivitas kegiatan diskusi kelompok meningkat menjadi 70,50%, dan aktivitas kegiatan pembelajaran individu meningkat menjadi 70,41%. Sedangkan hasil belajar pada Siklus II diperoleh rata-rata 67,33, dimana 100% siswa mencapai ≥60. Kata kunci: Pembelajaran kooperatif tipe STAD, aktivitas belajar, hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 31 Dec 2015 06:29 |
Terakhir diubah: | 31 Dec 2015 06:29 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16461 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |