PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DEVISION BAGI SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 2 SERDANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

1013079176, AHMAD BUHORI (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DEVISION BAGI SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 2 SERDANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.

[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (126Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (119Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (146Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
persetujuan.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (290Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (106Kb) | Preview
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (314Kb)
[img]
Preview
Text
DAFTAR gambar.pdf

Download (3711b) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR tabel.pdf

Download (3911b) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.PTK.pdf

Download (418Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (301Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
halaman persembahan.pdf

Download (105Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (204Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan ASli skripsi.pdf

Download (303Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Riwayat Hidup.pdf

Download (210Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (244Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.ptk.pdf

Download (112Kb) | Preview

Abstrak

Pembelajaran Matematika yang disajikan dengan ceramah dan latihan-latihan individual sering tidak disukai oleh para siswa, akibatnya hasil belajar selalu rendah atau sebagian kecil yang memenuhi KKM. Untuk menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan, menantang dan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar, maka perlu perubahan pembelajaran yang menarik yang pada penelitian ini menerapkan pembelajaran model kooperatif tipe STAD. Penelitian dilakukan dengan subyek 30 siswa kelas IV SD Negeri 2 Serdang. Pengambilan data menggunakan observasi, tes tulis, serta dokumentasi. Penelitian dilakukan dua siklus, setiap siklus dilakukan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Perbaikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siklus I, menunjukan aktivitas pembelajaran klasikal mencapai 53,33%. Aktivitas kegiatan diskusi kelompok mencapai 63,08%, dan aktivitas kegiatan pembelajaran individu mencapai 62,08%. Sedangkan hasil belajar pada Siklus I diperoleh rata-rata 56,00, dimana hanya 60,00% yang memenuhi KKM >60. Pada Siklus II terjadi peningkatan proses pembelajaran, menunjukan aktivitas pembelajaran klasikal menjadi 72,66%. Aktivitas kegiatan diskusi kelompok meningkat menjadi 70,50%, dan aktivitas kegiatan pembelajaran individu meningkat menjadi 70,41%. Sedangkan hasil belajar pada Siklus II diperoleh rata-rata 67,33, dimana 100% siswa mencapai ≥60. Kata kunci: Pembelajaran kooperatif tipe STAD, aktivitas belajar, hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 31 Dec 2015 06:29
Terakhir diubah: 31 Dec 2015 06:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16461

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir