1013079197, Ely Dasima (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS V SD NEGERI 3 CANDIMAS T.P 2011/2012. Digital Library.
|
File PDF
BAB I.pdf Download (121Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (184Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (181Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (249Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
1. Cover.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. Abstrak.pdf Download (107Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. Cover Dalam.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. Halaman Persetujuan.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. Halaman Pengesahan.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. Riwayat Hidup.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. Motto.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. Persembahan.pdf Download (195Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. Sanwacana.pdf Download (111Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. Daftar Isi.pdf Download (111Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. Daftar Tabel.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. Daftar Gambar.pdf Download (4Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Dari observasi di kelas V tahun pelajaran 2011/2012 ditemukan bahwa aktivitas belajar siswa yang dominan dalam pembelajaran matematika adalah mendengarkan dan men-catat penjelasan dari guru. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan guru dalam pembelajaran masih dominan menggunakan metode ceramah dan latihan soal, sehingga aktivitas belajar (on task) siswa rendah. Rata-rata nilai tes formatif siswa kelas V pada materi pokok bangun datar dan bangun ruang tahun pelajaran 2010/2011 masih rendah, yaitu 48,48 dengan siswa yang tuntas belajar sebesar 42,42%. Hasil tersebut belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 100% siswa telah mencapai nilai ≥ 60, dengan demikian kelas tersebut belum mencapai ke-tuntasan belajar. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah meng-gunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatkan: (1) aktivitas belajar (on task) siswa dan (2) hasil belajar siswa materi pokok bangun datar dan bangun ruang. Jenis penelitian ini adalah PTK yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Data pene¬litian berupa data aktivitas belajar (on task) siswa, data kinerja guru dalam mengelola pem-belajaran, dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase dari siklus I ke siklus II dan siklus II ke siklus III sebagai berikut: (1) setiap jenis aktivitas belajar (on task) siswa, bertanya pada guru sebesar 13,64% dan 18,19% dan menjawab pertanyaan sebesar 6,06% dan 10,61%; (2) rata-rata hasil belajar siswa sebesar 13,77% dan 12,62%. Kata kunci : Pembelajaran kooperatif tipe NHT, aktivitas belajar (on task) siswa, hasil belajar siswa
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 31 Dec 2015 06:29 |
Terakhir diubah: | 31 Dec 2015 06:29 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16468 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |