PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS V SD NEGERI 3 CANDIMAS T.P 2011/2012

1013079197, Ely Dasima (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS V SD NEGERI 3 CANDIMAS T.P 2011/2012. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (121Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (184Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (181Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (249Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1. Cover.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. Abstrak.pdf

Download (107Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. Cover Dalam.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. Halaman Persetujuan.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. Halaman Pengesahan.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. Riwayat Hidup.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. Motto.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. Persembahan.pdf

Download (195Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. Sanwacana.pdf

Download (111Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. Daftar Isi.pdf

Download (111Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. Daftar Tabel.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
12. Daftar Gambar.pdf

Download (4Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Dari observasi di kelas V tahun pelajaran 2011/2012 ditemukan bahwa aktivitas belajar siswa yang dominan dalam pembelajaran matematika adalah mendengarkan dan men-catat penjelasan dari guru. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan guru dalam pembelajaran masih dominan menggunakan metode ceramah dan latihan soal, sehingga aktivitas belajar (on task) siswa rendah. Rata-rata nilai tes formatif siswa kelas V pada materi pokok bangun datar dan bangun ruang tahun pelajaran 2010/2011 masih rendah, yaitu 48,48 dengan siswa yang tuntas belajar sebesar 42,42%. Hasil tersebut belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 100% siswa telah mencapai nilai ≥ 60, dengan demikian kelas tersebut belum mencapai ke-tuntasan belajar. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah meng-gunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatkan: (1) aktivitas belajar (on task) siswa dan (2) hasil belajar siswa materi pokok bangun datar dan bangun ruang. Jenis penelitian ini adalah PTK yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Data pene¬litian berupa data aktivitas belajar (on task) siswa, data kinerja guru dalam mengelola pem-belajaran, dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase dari siklus I ke siklus II dan siklus II ke siklus III sebagai berikut: (1) setiap jenis aktivitas belajar (on task) siswa, bertanya pada guru sebesar 13,64% dan 18,19% dan menjawab pertanyaan sebesar 6,06% dan 10,61%; (2) rata-rata hasil belajar siswa sebesar 13,77% dan 12,62%. Kata kunci : Pembelajaran kooperatif tipe NHT, aktivitas belajar (on task) siswa, hasil belajar siswa

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 31 Dec 2015 06:29
Terakhir diubah: 31 Dec 2015 06:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16468

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir