EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN MENYIMPULKAN PADA MATERI ASAM BASA

DIANA NOVRATILOVA, 0853023010 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN MENYIMPULKAN PADA MATERI ASAM BASA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DEPAN.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENYETUJUI.pdf

Download (115Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (118Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (244Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan menyimpulkan pada materi pokok asam basa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran problem solving pada penelitian ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMAN 1 Natar yang berjumlah 216 siswa pada tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian yaitu kelas XI IPA5 dan XI IPA6 yang memiliki karakteristik hampir sama. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain keterampilan mengelompokkan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,46 dan 0,31 dan rata-rata n-Gain keterampilan menyimpulkan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,44 dan 0,32. Berdasarkan uji hipotesis n-Gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, sehingga model pembelajaran problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan menyimpulkan. Kata kunci: asam basa, keterampilan mengelompokkan, keterampilan menyimpulkan, problem solving

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 6546714 . Digilib
Date Deposited: 05 Jan 2016 04:10
Last Modified: 05 Jan 2016 04:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16577

Actions (login required)

View Item View Item