DIANA NOVRATILOVA, 0853023010 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN MENYIMPULKAN PADA MATERI ASAM BASA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DEPAN.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf Download (115Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (118Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (244Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (111Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (18Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan menyimpulkan pada materi pokok asam basa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran problem solving pada penelitian ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMAN 1 Natar yang berjumlah 216 siswa pada tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian yaitu kelas XI IPA5 dan XI IPA6 yang memiliki karakteristik hampir sama. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain keterampilan mengelompokkan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,46 dan 0,31 dan rata-rata n-Gain keterampilan menyimpulkan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,44 dan 0,32. Berdasarkan uji hipotesis n-Gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, sehingga model pembelajaran problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan menyimpulkan. Kata kunci: asam basa, keterampilan mengelompokkan, keterampilan menyimpulkan, problem solving
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QD Chemistry |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 6546714 . Digilib |
Date Deposited: | 05 Jan 2016 04:10 |
Terakhir diubah: | 05 Jan 2016 04:10 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16577 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |