UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PENGGUNAAN KARTU BILANGAN PADA SISWA KELAS II SDN 2 TAMAN SARI GEDONG TATAAN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

1013109067, YULIZA UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PENGGUNAAN KARTU BILANGAN PADA SISWA KELAS II SDN 2 TAMAN SARI GEDONG TATAAN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (121Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III new.pdf

Download (116Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (235Kb)
[img]
Preview
File PDF
BABII.pdf

Download (172Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BABV.pdf

Download (105Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA new.pdf

Download (101Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (112Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (68Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
menyetujua.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
motto.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengantar.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengesahan.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pernyataan.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persetujuan.pdf

Download (4061b) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung melalui penggunaan kartu bilangan pada siswa kelas II SDN 2 Taman Sari, Gedong Tataan, Pesawaran, Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindak kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dalam dua siklus dengan empat tahap tindakan pada masing-masing siklus, yaitu: perencanaan (planning), implementasi (tindakan), observasi (pengamatan) dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Di akhir pelaksanaan setiap siklus dilakukan tes prestasi belajar menggunakan soal isian. Skor dari hasil tes tersebut digunakan untuk menentukan pencapaian KKM oleh siswa yang akan menunjukkan keberhasilan belajar siswa. Hasil pada siklus I menunjukkan siswa yang aktif dalam menyebutkan dan mengurutkan bilangan mencapai 100%, menghitung penjumlahan dua angka mencapai 94%, menghitung pengurangan dua angka mencapai 78%. Sedangkan dalam menghitung perkalian dua angka hanya mencapa rata-rata 30%, dan menghitung pembagian dua angka hanya mencapai rata-rata 12%. Hasil pada siklus II menunjukkan peningkatan siswa yang aktif dalam menyebutkan dan mengurutkan bilangan mencapai 100%, menghitung penjumlahan dua angka mencapai 100%, menghitung pengurangan dua angka sudah mencapai 94%. Demikian juga dalam menghitung perkalian dua angka sudah mencapai rata-rata 80%, dan menghitung pembagian dua angka mencapai rata-rata 70%. Hal ini menunjukkan bahwa indikator keberhasilan yang diharapkan sudah tercapai, yaitu ≥70% dari jumlah siswa. Kata kunci : Kemampuan Berhitung, Kartu Bilangan.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 06 Jan 2016 07:53
Terakhir diubah: 06 Jan 2016 07:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16588

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir