1013109147, Siti Hadijah (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 1.pdf Download (114Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 2.pdf Download (127Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (144Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (396Kb) |
||
|
File PDF
bab 5.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER.pdf Download (64Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER2.pdf Download (68Kb) | Preview |
|
|
File PDF
CV.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (96Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (4Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 1 Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 1 Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran melalui penerapan metode demonstrasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam 4 langkah kegiatan, meliputi kegiatan perencanaan, melakukan tindakan, observasi, dan refleksi. Selanjutnya pada siklus kedua jenis kegiatan yang dilaksanakan bersama observer adalah memperbaiki rencana, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah perangkat tes, lembar observasi, yang digunakan untuk mengamati aktivitas siswa dan kinerja guru. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa, yaitu pada siklus 1 secara keseluruhan siswa yang telah memperoleh nilai standar minimal ke atas mencapai 76% atau sekitar 19 orang dan pada akhir siklus 2 sebanyak 20 orang atau sekitar 80% siswa yang telah mencapai ketuntasan minimal yang telah ditetapkan. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Hasil belajar, metode demonstrasi
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 08 Jan 2016 09:33 |
Terakhir diubah: | 08 Jan 2016 09:33 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16618 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |