M Rakhman Azizi, 0853024025 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEREDARAN DARAH MANUSIA (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Budaya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. (Tidak diterbitkan)
|
File PDF
1. COVER LUAR.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. COVER DALAM.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (203Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (163Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. PERSEMBAHAN.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. PERNYATAAN.pdf Download (95Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. SANWACANA.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. DAFTAR TABEL.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (173Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (111Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (354Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (416Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (215Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil observasi dan wawancara dengan guru IPA kelas VIII SMP Budaya Bandar Lampung menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah penggunaan multimedia interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia interaktif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretest posttest kelas tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIa dan VIIIb yang dipilih secara purposive sampling. Data kualitatif diperoleh dari skor aktivitas belajar dan tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai N-gain yang dianalisis menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS versi-20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase aktivitas belajar siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (eksperimen = 75,35; kontrol = 58,59). Hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 68 dan kelas kontrol sebesar 60. Selain itu, sebagian besar siswa (93%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan multimedia interaktif. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan multimedia interaktif berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa belajar pada materi peredaran darah manusia. Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, multimedia interaktif, peredaran darah manusia
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 6151904 . Digilib |
Date Deposited: | 08 Jan 2016 03:18 |
Terakhir diubah: | 08 Jan 2016 03:18 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16686 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |