Mujiono, Sigit Triwibowo (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MENGGUNAKAN MEDIA SIMULASI KOMPUTER DAN MEDIA REALIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
3. COVER DALAM.pdf - Published Version Download (103Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (14Mb) | Preview |
|
|
File PDF
5. PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (6Mb) | Preview |
|
|
File PDF
8. PERNYATAAN SKRIPSI.pdf - Published Version Download (1917Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11.DAFTAR ISI .pdf - Published Version Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (68Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (130Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (124Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (303Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan nilai rata-rata hasil belajar kognitif siswa antara siswa yang pembelajarannya menggunakan media realia dan siswa yang pembelajarannya menggunakan media simulasi komputer. Penelitian ini dilakukan di SMP Wiyata Karya Natar kelas IX tahun ajaran 2012/2013. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar kognitif siswa dari penerapan penggunaan masing-masing media. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Sampel yang digunakan adalah kelas IXA dan kelas IXB. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, yaitu Pretest, Posttest dan Uji formatif. Analisis data dan uji hipotesis dilakukan dengan uji statistik t pada program SPSS 16 For Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada peningkatan hasil belajar kognitif siswa yang pembelajarannya menggunakan media simulasi komputer. Dikatakan meningkat karena nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 lebih kecil dari α sebesar 0,05. Dari hasil uji gain ternormalisasi, didapat rata-rata kenaikan gain ternormalisasi sebesar 0,36 yang berkategori sedang . (2) Ada peningkatan hasil belajar kognitif siswa yang pembelajarannya menggunakan media realia. Dikatakan meningkat karena nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 lebih kecil dari α sebesar 0,05. Dari hasil uji gain ternormalisasi, didapat rata-rata kenaikan gain ternormalisasi sebesar 0,31 yang berkategori sedang. (3) ada perbedaan rata-rata hasil belajar kognitif fisika siswa yang menggunakan media simulasi komputer dengan media realia. Dikatakan berbeda karena thitung sebesar 3,430 lebih besar dari ttabel = 1,992. Secara nyata nampak bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar kelas yang pembelajarannya dengan menggunakan media simulasi dengan kelas yang menggunakan media realia, yaitu 71,92 untuk kelas yang menggunakan media simulasi dan 67,37 untuk kelas yang menggunakan media realia. Kata Kunci: Hasil belajar kognitif, Simulasi komputer, Media realia
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QC Physics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 20 May 2014 04:25 |
Terakhir diubah: | 20 May 2014 04:25 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1670 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |