0743024041, Nurvita Sari Samwar (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PEREDARAN DARAH (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI Semester Ganjil SMA Negeri 7 Bandar Lampung T.P 2012/2013). Digital Library.
|
File PDF
4.MENYETUJUI.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2.ABSTRAK.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
1.COVER DEPAN.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3.COVER DALAM.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4.MENYETUJUI.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5.MENGESAHKAN.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6.PERNYATAAN.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7.RIWAYAT HIDUP.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8.MOTTO.pdf Download (114Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9.PERSEMBAHAN.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10.SANWACANA.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11.DAFTAR ISI.pdf Download (156Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12.DAFTAR TABEL.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13.DAFTAR GAMBAR.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7.RIWAYAT HIDUP.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (256Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (250Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (323Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB V.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (737Kb) |
||
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (163Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 7 Bandar Lampung belum dikembangkan secara optimal. Hal ini dikarenakan sistem pengajaran yang masih didimonasi oleh guru. Satu alternatif yang dapat digunakan untuk membuat siswa aktif dalam berpikir kritis yaitu dengan model Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Desain penelitian adalah pretest-postest non equivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 yang dipilih secara acak dengan teknik clusster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 95% dengan menggunakan Nurvita Sari Samwar iii bantuan program SPSS 17. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa yang diambil dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PBL meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan rata-rata nilai pretes (24,11), postes (68,95), dan N-gain (59,86). Indikator kemampuan berpikir kritis dengan kriteria tinggi sekali yang dicapai siswa melalui model PBL yakni indikator memberikan argumen dan melakukan induksi. Aktivitas belajar siswa yang menggunakan model PBL juga mengalami peningkatan dari pertemuan I dengan rata-rata 55,09 meningkat pada pertemuan II dengan rata-rata 69,91 dan meningkat lagi pada pertemuan III dengan rata-rata 80,32. Aspek mengemukakan ide/gagasan, mengajukan pertanyaan, dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok merupakan aktivitas dengan kriteria baik yang dicapai siswa yang menggunakan model PBL. Dengan demikian, penerapan model PBL berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis oleh siswa. Kata kunci : Model Problem Based Learning (PBL), keterampilan berpikir kritis, aktivitas belajar, dan sistem peredaran darah.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | IC-STAR . 2015 |
Date Deposited: | 08 Jan 2016 09:19 |
Terakhir diubah: | 08 Jan 2016 09:19 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16810 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |