0913031034, Devi Yulianti (2013) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN GURU MENGAJAR, DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TULANG BAWANG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Digital Library.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover DALAM.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (67Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Motto.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (66Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (106Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (67Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (144Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (171Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (334Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (429Kb) |
||
|
File PDF
Bab V.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf Download (88Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Pendidikan di Indonesia saat ini dihadapkan pada masalah rendahnya prestasi atau hasil belajar peserta didik. Hal ini tidak terlepas dari berbagai faktor yang mempengaruhi proses belajar mengajar di dalam kelas, antara lain persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar dan pemanfaatan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu. 2. Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media pembelajaran terhadap terhadap hasil belajar IPS Terpadu. 3. Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap hasil belajar IPS Terpadu. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 2 Tulang Bawang Tengah sebanyak 3 kelas dengan jumlah siswa keseluruhan 107 orang. Dengan menggunakan rumus T. Yamane dengan probability sampling didapat sampel sebanyak 84 orang yang selanjutnya dilakukan alokasi proporsional sampling agar sampel yang diambil lebih proporsional. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Berdasarkan analisis diperoleh hasil penelitian yang menunjukan bahwa: 1. Ada pengaruh yang positif dan signifikan persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tulang Bawang Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013. Hal ini ditunjukan dengan t hitung > t tabel yaitu 3,241 > 1,989 dengan koefisien korelasi (r) 0,377 dan koefisien determinasi (r²) sebesar 0,114 yang berarti hasil belajar IPS Terpadu dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar sebesar 11,4 % dan sisanya 88,6 % dipengaruhi oleh faktor lain. 2. Ada pengaruh yang positif dan signifikan pemanfaatan media pembelajaran terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tulang Bawang Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013. Hal ini ditunjukkan dengan t hitung > t tabel yaitu 3,182 > 1,989 dengan koefisien korelasi (r) 0,332 dan koefisien determinasi (r²) sebesar 0,110 yang berarti hasil belajar IPS Terpadu dipengaruhi oleh pemanfaatan media pembelajaran sebesar 11 % dan sisanya 89 % dipengaruhi oleh faktor lain. 3. Ada pengaruh yang positif dan signifikan persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tulang Bawang Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013. Hal ini ditunjukan dengan F hitung > F tabel yaitu 11,491 > 3,111 dan ditunjukkan juga oleh koefisien korelasi (r) 0,470 dan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,221 yang berarti hasil belajar IPS Terpadu dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar dan pemanfaatan media pembelajaran sebesar 22,1 % dan sisanya 77,9 % dipengaruhi oleh faktor lain.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | IC-STAR . 2015 |
Date Deposited: | 11 Jan 2016 05:07 |
Terakhir diubah: | 11 Jan 2016 05:07 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16945 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |