PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN GURU MENGAJAR, DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TULANG BAWANG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013

0913031034, Devi Yulianti (2013) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN GURU MENGAJAR, DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TULANG BAWANG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Digital Library.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover DALAM.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (67Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Motto.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (106Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (67Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (144Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (171Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (334Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429Kb)
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (88Kb) | Preview

Abstrak

Abstrak Pendidikan di Indonesia saat ini dihadapkan pada masalah rendahnya prestasi atau hasil belajar peserta didik. Hal ini tidak terlepas dari berbagai faktor yang mempengaruhi proses belajar mengajar di dalam kelas, antara lain persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar dan pemanfaatan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu. 2. Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media pembelajaran terhadap terhadap hasil belajar IPS Terpadu. 3. Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap hasil belajar IPS Terpadu. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 2 Tulang Bawang Tengah sebanyak 3 kelas dengan jumlah siswa keseluruhan 107 orang. Dengan menggunakan rumus T. Yamane dengan probability sampling didapat sampel sebanyak 84 orang yang selanjutnya dilakukan alokasi proporsional sampling agar sampel yang diambil lebih proporsional. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Berdasarkan analisis diperoleh hasil penelitian yang menunjukan bahwa: 1. Ada pengaruh yang positif dan signifikan persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tulang Bawang Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013. Hal ini ditunjukan dengan t hitung > t tabel yaitu 3,241 > 1,989 dengan koefisien korelasi (r) 0,377 dan koefisien determinasi (r²) sebesar 0,114 yang berarti hasil belajar IPS Terpadu dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar sebesar 11,4 % dan sisanya 88,6 % dipengaruhi oleh faktor lain. 2. Ada pengaruh yang positif dan signifikan pemanfaatan media pembelajaran terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tulang Bawang Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013. Hal ini ditunjukkan dengan t hitung > t tabel yaitu 3,182 > 1,989 dengan koefisien korelasi (r) 0,332 dan koefisien determinasi (r²) sebesar 0,110 yang berarti hasil belajar IPS Terpadu dipengaruhi oleh pemanfaatan media pembelajaran sebesar 11 % dan sisanya 89 % dipengaruhi oleh faktor lain. 3. Ada pengaruh yang positif dan signifikan persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tulang Bawang Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013. Hal ini ditunjukan dengan F hitung > F tabel yaitu 11,491 > 3,111 dan ditunjukkan juga oleh koefisien korelasi (r) 0,470 dan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,221 yang berarti hasil belajar IPS Terpadu dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar dan pemanfaatan media pembelajaran sebesar 22,1 % dan sisanya 77,9 % dipengaruhi oleh faktor lain.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Depositing User: IC-STAR . 2015
Date Deposited: 11 Jan 2016 05:07
Last Modified: 11 Jan 2016 05:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16945

Actions (login required)

View Item View Item