PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA MANUSIA (Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Merbau mataram Tahun Pelajaran 2012/2013

0813024005, Dedi Pendra Setiawan (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA MANUSIA (Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Merbau mataram Tahun Pelajaran 2012/2013. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
1. cover luar (i).pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. Abstrak (ii).pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. Cover Dalam.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. Hal Persetujuan.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. Hal Pengesahan.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. Riwayat Hidup.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. Persembahan.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. Motto.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. Pernyataan.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. Sanwacana.pdf

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. Daftar Isi.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
12. Daftar Tabel.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
13. Daftar Gambar.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 1.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 2.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 3.pdf

Download (214Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (333Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB 5.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Hasil observasi dan wawancara dengan guru biologi yang mengajar di kelas VIII SMP Negeri 1 Merbau Mataram, diketahui bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Hal ini dikarenakan guru masih sering menggunakan metode ceramah akibatnya kurang merangsang aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Picture and Picture. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIa dan VIIIb yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yaitu rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa dan tanggapan ii siswa terhadap penerapan model pembelajaran Picture and Picture yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen mengalami peningkatan. Pada aspek bertanya bernilai sebesar 84.48 %, aspek menjawab pertanyaan sebesar 94,83 %, dan aspek mengemukakan ide/pendapat sebesar 93,10 %. Hasil belajar juga mengalami peningkatan, dengan rata-rata nilai pretes sebesar 45,17, nilai postes sebesar 69,48 dan N-gain sebesar 0,40. Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penerapan model pembelajaran Picture and Picture. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci : Picture and Picture, aktivitas belajar, dan hasil belajar siswa, Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: IC-STAR . 2015
Date Deposited: 11 Jan 2016 05:08
Terakhir diubah: 11 Jan 2016 05:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16964

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir