UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA BAGI SISWA KELAS IV SDN 1 KUTA DALOM KECAMATAN WAY LIMA KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Akhyar, DAHLENA (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA BAGI SISWA KELAS IV SDN 1 KUTA DALOM KECAMATAN WAY LIMA KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (151Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (976Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (974Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (609Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (316Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (94Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (60Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di kelas IV SDN 1 Kuta Dalom nampak bahwa hasil belajar matematika masih rendah. Hal ini disebabkan karena dalam pembelajaran guru belum menggunakan alat peraga. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penggunaan alat peraga pada siswa kelas IV SDN 1 Kuta Dalom. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus, setiap siklusnya menggunakan langkah-langkah sebagai berikut, yakni (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Adapun subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV sebanyak 17 orang, sedangkan teknik pengumpulan data digunakan teknik tes dan non tes berupa observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus ke siklus. Peningkatan ini terlihat dari ketuntasan hasil belajar matematika yang semula saat pra siklus hanya 41,2 persen menjadi 64,7 persen pada siklus I dan 70,6 persen pada siklus II dan meningkat menjadi 76,5 persen pada siklus III. Dengan demikian maka hendaknya perlu lebih dioptimalkan penggunaan alat peraga dalam pembelajaran, khususnya matematika. Kata kunci: hasil belajar, alat peraga

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 28 May 2014 06:22
Terakhir diubah: 28 May 2014 06:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1698

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir