Akhyar, DAHLENA (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA BAGI SISWA KELAS IV SDN 1 KUTA DALOM KECAMATAN WAY LIMA KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (151Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (976Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (974Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (609Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (41Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (66Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (316Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (94Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (60Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di kelas IV SDN 1 Kuta Dalom nampak bahwa hasil belajar matematika masih rendah. Hal ini disebabkan karena dalam pembelajaran guru belum menggunakan alat peraga. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penggunaan alat peraga pada siswa kelas IV SDN 1 Kuta Dalom. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus, setiap siklusnya menggunakan langkah-langkah sebagai berikut, yakni (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Adapun subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV sebanyak 17 orang, sedangkan teknik pengumpulan data digunakan teknik tes dan non tes berupa observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus ke siklus. Peningkatan ini terlihat dari ketuntasan hasil belajar matematika yang semula saat pra siklus hanya 41,2 persen menjadi 64,7 persen pada siklus I dan 70,6 persen pada siklus II dan meningkat menjadi 76,5 persen pada siklus III. Dengan demikian maka hendaknya perlu lebih dioptimalkan penggunaan alat peraga dalam pembelajaran, khususnya matematika. Kata kunci: hasil belajar, alat peraga
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 28 May 2014 06:22 |
Terakhir diubah: | 28 May 2014 06:22 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1698 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |