PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 2 GEDUNG GUMANTI KECAMATAN TEGINENENG KABUPATEN PESAWARAN TAHUN 2013/2014

, HELMALITA (2014) PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 2 GEDUNG GUMANTI KECAMATAN TEGINENENG KABUPATEN PESAWARAN TAHUN 2013/2014. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (391Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (361Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (378Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (131Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (149Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (305Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (126Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (124Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (5Mb) | Preview

Abstrak

Permasalahan ini dilatar belakangi oleh: (1) rendahnya aktivitas siswa kelas V SDN 2 Gedung Gumanti pada mata pelajaran IPA; (2) rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 2 Gedung Gumanti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan media grafis di kelas V SDN 2 Gedung Gumanti, (2) peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan media grafis di kelas V SDN 2 Gedung Gumanti. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, dengan dua siklus. Data penelitian diperoleh melalui melalui observasi, dan tes tertulis pada setiap akhir siklus. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas belajar siswa rata-reata mengalami peningkatan dengan rata-rata 67,07% pada siklus I menjadi 86,84% pada siklus II, sehingga mengalami peningkatan 19,77% (2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siklus I rata-rata mencapai 61,00 dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 46%. Pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan yakni dengan rata-rata 77,00 dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 90%. Kata kunci: Hasil belajar, aktivitas belajar, media grafis, IPA

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 28 May 2014 06:29
Last Modified: 28 May 2014 06:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1703

Actions (login required)

View Item View Item