M. Hasan (Alm), IDA SUNDARI (2014) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SDN 4 PENENGAHAN BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (127Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (111Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (159Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (155Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (124Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (173Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (63Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (174Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (90Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (2100Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 4 Penengahan Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn siswa kelas IV SDN 4 Penengahan Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014 melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Objek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 4 Penengahan Bandar Lampung sebanyak 35 siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan kinerja guru mengajar. Untuk data hasil belajar siswa terhadap materi yang dipelajari, maka digunakan soal pre tes dan post tes (evaluasi). Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik prosentase dengan membandingkan standar ketuntasan belajar minimal yang ditetapkan yaitu Dari hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas siswa siklus I adalah 38% dan pada siklus II 78%. Hasil belajar siswa siklus I diperoleh nilai rata-rata 68, dan pada siklus II meningkat menjadi 85. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I belum tercapai yaitu 55% dan pada siklus II sudah tercapai dan meningkat menjadi 86% Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 4 Penengahan Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014. Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, aktivitas dan hasil
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 28 May 2014 06:31 |
Terakhir diubah: | 28 May 2014 06:31 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1705 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |