0713053028, Evi Febriana (2012) PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI 2 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 1.pdf Download (122Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (194Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (329Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (448Kb) |
||
|
File PDF
bab 5.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover 2.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cv.pdf Download (3635b) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gambar.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar lampiran.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (105Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (111Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (119Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VA SD Negeri 2 Metro Pusat. Tujuan penelitian untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SD Negeri 2 Metro Pusat pada pembelajaran matematika materi bangun ruang dengan menggunakan media tiga dimensi. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan melalui tiga siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan melalui empat tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi dan tes, observasi untuk mengetahui tingkat kinerja guru dan aktivitas siswa, sedangkan tes berupa soal-soal tes untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Selanjutnya data dianalisis dengan cara analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa, melalui kolaborasi penggunaan media tiga dimensi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VA SD Negeri 2 Metro Pusat. Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran terlihat semakin meningkat, pada siklus I adalah 53,33%, siklus II 56,87%, dan pada siklus III 92,67%. Hasil rekapitulasi peningkatan terhitung, (1) dari siklus I ke siklus II meningkat (3,54%) dan (2) dari siklus II ke siklus III meningkat (35,73%). Begitu pula dengan hasil belajar matematika siswa meningkat pada tiap siklusnya, pada siklus I, siklus II, dan siklus III, dan rata-rata hasil belajar dari siklus I sebesar 66,25, siklus II sebesar 77,08 sedangkan pada siklus III sebesar 93,12, terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II (10,83%), sedangkan pada siklus II ke siklus III terdapat peningkatan sebesar (16,04%). Kata kunci : media tiga dimensi, aktivitas, hasil belajar, bangun ruang.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 14 Jan 2016 03:03 |
Terakhir diubah: | 14 Jan 2016 03:03 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17103 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |