0643024011 ok, ANITA NURYULIA (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Student Team Achievement Division (STAD) TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA OLEH SISWA (Studi Eksperimen Semu Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Mathla’ul Anwar Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012). Digital Library.
|
File PDF
2ok.pdf Download (75Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3ok.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
IV ani edit 1.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
IV ani edit 2.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
V ani.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Copy of 1 aniiii.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
1. cover luar.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2 abstrak new.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. abstrak.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. cover dalam.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
File PDF
4. lembar menyetujui.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (19Kb) |
||
|
File PDF
5.MENGESAHKAN.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. PERNYATAAN SKRIPSI.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. MOTTO.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. SANWACANA.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. DAFTAR TABEL.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. DAFTAR TABEL.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
14. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
14. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (14Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Student Team Achievement Division (STAD) TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA OLEH SISWA (Studi Eksperimen Semu Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Mathla’ul Anwar Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012) Oleh ANITA NURYULIA Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan penguasaan materi pokok Sistem peredaran darah pada manusia oleh siswa kelas VIII SMP Mathla’ul Anwar Bandar Lampung T.P 2011/2012. Desain penelitian adalah pretest-postest tak ekuivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan VIIIA sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Data penguasaan materi diperoleh dari pretes dan postes selanjutnya dihitung N- Gain. Analisis data menggunakan uji–t pada taraf kepercayan 5% dengan menggunakan program SPSS 17. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretes kelas eksperimen (43,25) tidak berbeda dengan kelas kontrol (41,06), sedangkan rata-rata nilai postes kelas eksperimen (68,33) berbeda dengan kelas kontrol (56,49) dan hasil rata-rata N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi (45,19) dibanding kelas kontrol (26,06). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa: penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan penguasaan materi pokok Sistem Peredaran Darah Pada Manusia oleh siswa kelas VIII SMP Mathla’ul Anwar Bandar Lampung T.P 2011/2012. Kata kunci : pembelajaran kooperatif, STAD, penguasaan materi, sistem peredaran darah.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT Anita Ekarini |
Date Deposited: | 14 Jan 2016 02:46 |
Terakhir diubah: | 14 Jan 2016 02:46 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17125 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |