PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Student Team Achievement Division (STAD) TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA OLEH SISWA (Studi Eksperimen Semu Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Mathla’ul Anwar Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012)

0643024011 ok, ANITA NURYULIA (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Student Team Achievement Division (STAD) TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA OLEH SISWA (Studi Eksperimen Semu Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Mathla’ul Anwar Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
2ok.pdf

Download (75Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3ok.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
IV ani edit 1.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
IV ani edit 2.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
V ani.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Copy of 1 aniiii.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1. cover luar.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2 abstrak new.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. abstrak.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. cover dalam.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img] File PDF
4. lembar menyetujui.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (19Kb)
[img]
Preview
File PDF
5.MENGESAHKAN.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. PERNYATAAN SKRIPSI.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. MOTTO.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. SANWACANA.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
13. DAFTAR TABEL.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
13. DAFTAR TABEL.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
14. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
14. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (14Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Student Team Achievement Division (STAD) TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA OLEH SISWA (Studi Eksperimen Semu Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Mathla’ul Anwar Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012) Oleh ANITA NURYULIA Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan penguasaan materi pokok Sistem peredaran darah pada manusia oleh siswa kelas VIII SMP Mathla’ul Anwar Bandar Lampung T.P 2011/2012. Desain penelitian adalah pretest-postest tak ekuivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan VIIIA sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Data penguasaan materi diperoleh dari pretes dan postes selanjutnya dihitung N- Gain. Analisis data menggunakan uji–t pada taraf kepercayan 5% dengan menggunakan program SPSS 17. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretes kelas eksperimen (43,25) tidak berbeda dengan kelas kontrol (41,06), sedangkan rata-rata nilai postes kelas eksperimen (68,33) berbeda dengan kelas kontrol (56,49) dan hasil rata-rata N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi (45,19) dibanding kelas kontrol (26,06). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa: penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan penguasaan materi pokok Sistem Peredaran Darah Pada Manusia oleh siswa kelas VIII SMP Mathla’ul Anwar Bandar Lampung T.P 2011/2012. Kata kunci : pembelajaran kooperatif, STAD, penguasaan materi, sistem peredaran darah.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 14 Jan 2016 02:46
Terakhir diubah: 14 Jan 2016 02:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17125

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir