PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP KOLOID

0513023013, Agil Lukman Hakim (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP KOLOID. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0513023013-abstrak.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0513023013-kesimpulan.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0513023013-pendahuluan.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0513023013-abstrak.pdf

Download (44Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan observasi dan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran kimia diperoleh informasi bahwa nilai rata-rata penguasaan konsep kimia siswa kelas XI IPA 5 di SMA YP Unila tahun pelajaran 2008-2009 pada materi pokok koloid yaitu 58. Siswa yang memperoleh nilai ≥ 65 yaitu 49%, sementara Kriteria Ke- tuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan di SMA YP Unila yaitu 100% siswa memperoleh nilai ≥ 65. Selama proses pembelajaran, aktivitas siswa sebagian besar adalah mendengar dan mencatat definisi yang telah diberikan guru. Salah satu model pembelajaran kooperatif yang dapat diterapkan untuk meningkatkan aktivitas dan penguasaan konsep pada materi pokok sistem koloid yaitu pembela- jaran kooperatif teknik kancing gemerincing. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan (1) persentase setiap jenis aktivitas on task, (2) rata-rata penguasaan konsep, (3) persentase ketuntasan belajar siswa pada materi pokok sistem koloid dari siklus ke siklus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 5 SMA YP Unila yang berjumlah 35 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Data penelitian ter- diri dari data kualitatif berupa data aktivitas on task siswa dan data kuantitatif be- rupa data penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan (1) pada setiap jenis ak- tivitas on task siswa dari siklus I ke siklus II yaitu menjawab pertanyaan dari guru sebesar 9,99 %, bertanya kepada guru sebesar 9,99 %, aktif dalam diskusi kelom- pok sebesar 31,43 %, mengemukakan pendapat sebesar 8,57 % dan menjawab LKS dengan benar sebesar 8,57 %. Dari siklus II ke siklus III yaitu menjawab pertanyaan dari guru sebesar 10,01 %, bertanya kepada guru sebesar 10,01 %, aktif dalam diskusi kelompok sebesar 12,86 %, mengemukakan pendapat sebesar 10 % dan menjawab LKS dengan benar sebesar 10 %; (2) penguasaan konsep sis- wa dari siklus I sampai siklus II sebesar 22,93 %, yaitu dari 68,57 menjadi 84,29 dan dari siklus II ke siklus III sebesar 8,47 %, yaitu dari 84,29 menjadi 91,43; dan (3) ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 34,28% yaitu dari 62,86 % menjadi 97,14 % dan dari siklus II ke siklus III meningkat sebesar 2,86 % yaitu dari 97,14 % menjadi 100 %.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 14 Jan 2016 03:00
Terakhir diubah: 14 Jan 2016 03:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17196

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir