PENGARUH KETERAMPILAN METAKOGNISI TERHADAP HASILBELAJAR DAN SIKAP SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY

, Khairul Anam (2013) PENGARUH KETERAMPILAN METAKOGNISI TERHADAP HASILBELAJAR DAN SIKAP SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
3. COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (65Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
4. HALAMAN MENYETUJUI.pdf - Published Version

Download (129Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5. HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (116Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
6. PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (114Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (335Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (152Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (322Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (3808Kb)

Abstrak

Pembelajaran yang berpusat pada guru cenderung kurang berhasil. Hasil belajar yang dicapai siswa rendah, serta sikap siswa selama pembelajaran cenderung monoton. Perlunya keterampilan metakognisi pada proses pembelajaran, yang dikemas dalam metode pembelajaran discovery. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh keterampilan metakognisi terhadap hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran discovery, dan (2) mengetahui pengaruh keterampilan metakognisi terhadap sikap siswa melalui metode pembelajaran discovery. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XIIIE SMP Negeri 28 Bandar lampung yang berjumlah 36 siswa pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013 dengan materi tekanan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu Purposive Sampling, sementara desain penelitian yang digunakan adalah one-shot case study. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh data keterampilan metakognisi, hasil belajar, dan data lembar observasi sikap siswa yang kemudian dianalisis dengan menggunakan metode regresi linear dengan SPSS17.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa kedua data berdistribusi normal dan linear. Khairul Anam Selanjutnya untuk menguji pengaruh dilakukan dengan uji korelasi dan regresi linear sederhanadenganbantuanSPSS 17.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh keterampilan metakognisi terhadap hasil belajar melalui metode pembelajaran discovery sebesar 12% yang termasuk dalam kategori rendah. Persamaan regresinya Y = 39,26 + 0,4 X dimana konstanta a dan b merupakan koefisien yang signifikan. (2) ada pengaruh keterampilan metakognisi terhadap sikap belajar siswa melalui metode pembelajaran discovery sebesar 33% yang termasuk dalam kategori sedang. Persamaan regresinya Y = 25,9 + 0,6 X dimana koefisien a dan b merupakan koefisien yang signifikan. Kata kunci : keterampilan metakognisi, hasil belajar, sikap siswa, metode pembelajaran discovery.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 28 May 2014 07:08
Last Modified: 28 May 2014 07:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1725

Actions (login required)

View Item View Item