PENGARUH ASESMEN E-PORTOFOLIO MELALUI GROUP FACEBOOK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SMA

, Siti Nurul Aroma Dewi (2013) PENGARUH ASESMEN E-PORTOFOLIO MELALUI GROUP FACEBOOK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SMA. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
3. COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
4.MENYETUJUI.pdf - Published Version

Download (566Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5. MENGESAHKAN.pdf - Published Version

Download (539Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
6. SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (295Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (166Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (380Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (279Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (422Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (161Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (5Mb)

Abstrak

Asesmen adalah aspek yang sangat penting dalam pembelajaran fisika. Fisika merupakan mata pelajaran yang terstruktur, terorganisasi dan sifatnya berjenjang. Diperlukan asesmen yang tepat untuk merefleksikan hasil belajar siswa. Untuk itu dilakukan penelitian untuk menerapkan asesmen e-portofolio melalui group facebook. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan asesmen e-portofolio melalui group facebook menggunakan model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Asesmen e-portofolio melalui group facebook merupakan sebuah bukti digital berdasarkan pengalaman, pencapaian dan hasil pembelajaran siswa didalam group facebook yang dapat motivasi siswa untuk mencapai hasil belajar yang lebih baik. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Tanjung Bintang, Lampung Selatan pada semester genap tahun ajaran 2012/2013, sedangkan sampel yang diambil, yaitu kelas XI IPA1. Pemilihan kelas sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan desain Siti Nurul Aroma Dewi one-shot case study. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang telah dilakukan adalah ada pengaruh pengaruh yang positif dan signifikan asesmen e-portofolio melalui group facebook menggunakan model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Rata-rata nilai asesmen e-portofolio siswa adalah 72. Sedangkan rata-rata nilai hasil belajar siswa adalah sebesar 18,9% dengan kategori tinggi sekali, 64,8% dengan kategori tinggi, dan 16,2% dengan kategori sedang. Dengan persamaan Y = 32,62 + 0.50X dengan X sebagai asesmen eportofolio dan Y sebagai hasil belajar. Dengan uji regresi dapat disimpulkan bahwa asesmen e-portofolio mempengaruhi hasil belajar siswa sebesar 12%. Kata kunci: asesmen, e-portofolio, facebook, hasil belajar.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 28 May 2014 07:12
Last Modified: 28 May 2014 07:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1728

Actions (login required)

View Item View Item