0923011051, RELIANI (2012) PENINGKATAN PEMAHAMAN UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG. Digital Library.
|
File PDF
0923011051-abstract.pdf Download (165Kb) | Preview |
|
|
File PDF
0923011051-abstrak.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
0923011051-kesimpulan.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
0923011051-pendahuluan.pdf Download (198Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan siswa menentukan unsur intrinsik cerpen masih ada yang di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM yang ditentukan untuk pembelajaran unsur intrinsik cerpen adalah 70. Hal ini disebabkan guru belum melakukan perencanaan, proses, dan evaluasi yang tepat untuk dapat meningkatkan kemampuan menentukan unsur intrinsik cerpen. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan, proses pelaksanaan, sistem evaluasi, dan peningkatan kemampuan siswa memahami unsur-unsur instrinsik cerpen dengan menggunakan kooperatif tipe STAD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas X-3 dan X-4 SMA Negeri 1 Bandar Lampung yang berjumlah 72 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Siklus I peningkatan unsur intrinsik cerpen dengan kooperatif tipe STAD. Siklus II masih menggunakan tipe STAD dengan posisi tempat duduk seperti huruf U. Cerpen yang dibahas lebih sulit dari cerpen siklus I. Siklus III menggunakan kooperatif tipe STAD, posisi tempat duduk siswa berbaris di lantai ruang multimedia tiap baris terdiri dari dua kelompok. dibantu seorang model, tujuan peneliti mendatangkan pengarang cerpen secara langsung untuk lebih menarik minat dan lebih meningkatkan aktivitas siswa. Kesimpulan penelitian ini (1) Kemampuan guru meningkat dalam perencanaan pembelajaran Siklus I memperoleh nilai 2,68 kategori sedang, siklus II memperoleh nilai 2,97 kategori sedang, siklus III memperoleh nilai 3,20 kategori sedang, (2) proses pembelajaran pada siklus I di kelas X-3 jumlah siswa yang aktif 20 orang (55,56%) kategori sedang, Siklus II jumlah siswa yang aktif 27 orang (75%) kategori tinggi, Siklus III siswa yang aktif 36 orang (100%) kategori sangat tinggi. Siklus I di kelas X-4 jumlah siswa yang aktif 21 orang (58,33%) kategori sedang, Siklus II jumlah siswa yang aktif 27 orang (75%) kategori sedang, Siklus III jumlah siswa yang aktif 36 orang (100%) kategori sangat tinggi, berarti terjadi peningkatan dalam tiap Siklus, (3) Sistem evaluasi pada Siklus I, II, dan III menggunakan 20 soal pilihan ganda. Validitas pada Siklus I (0,72), Siklus II (0,78), Siklus III (0,86). Reliabilitas tes Siklus I (0,45), Siklus II (0,54), dan Siklus III (0,62), tingkat kesukaran instrumen Siklus I (0,47), Siklus II (0,55), Siklus III (0,63). Daya pembeda instrumen Siklus I (0,66), Siklus II (0,70), Siklus III (0,72). (4) nilai rata-rata penguasaan unsur intrinsik cerpen pada kelas X-3 siklus I yaitu (70,32), siklus II yaitu (77,05), dan siklus III yaitu (85,92), sedangkan kelas X-4 Siklus I (72,33), Siklus II (78,93), Siklus III (87,17). Kata kunci : Kooperatif Tipe STAD, sistem evaluasi, pretasi belajar. Abstract This research is formed by the student’s ability to decide the short story intrinsic element that there are still under KKM. It is caused because the teacher hasn’t done the planning, the process and the correct evaluation yet to increase the ability to determine the short story intrinsic element. The purpose of this research to describe the planning, the process, evaluation system and increasing student’s ability to comprehend the short story intrinsic elements by using Cooperative STAD type. This research is a class action research which is done in X-3 and X-4 classes of Senior High School 1 Bandar Lampung that totally 72 students. The data collection is done by observation and test. This research is done in 3 cycles. The first cycle is the increasing of short story intrinsic element by cooperative STAD type. The second cycle is still using STAD type with the U sitting position. The short story that discussed is more difficult than first cycle short story. The third cycle is using Cooperative STAD type, the student’s sitting position lined up on multimedia room floor, each lines consist of two groups is helped by a model. The purpose of the writer invites the author of short story directly is to attract student’s interest and to increase student’s activity. The conclusion of this research are (1) Teacher’s ability increase on first cycle learning plan gets 2,68 in medium category, the second cycle gets 2,97 in medium category, the third cycle gets 3,20 in medium category. (2) Learning process on first cycle in X-3 class with 20 active students are (55,56%) in medium category, the second cycle with 27 active students are (75%) in high category, the third cycle with 36 active students are (100%) in very high category. The first cycle in X-4 class with 21 active students are (58,33%) in medium category, the second cycle with 27 active students are (75%) in medium category, the third cycle with 36 active student are (100%) in very high category, it means that there is increasing in each cycle. (3) The evaluation system uses 20 items valid and reliable multiple choice test, each cycle has the increasing with index on the first cycle (0,36), the second cycle (0,47), the third cycle (0,66). The instruments on each cycles is in enough category. (4) The mastery of average value of short story intrinsic element at X-3 class on the first cycle is (70,32), the second cycle is (77.05), the third cycle is (85.92), even X-4 class on the first cycle is (72.33), the second cycle is (78.93), the third cycle is (87.17). Key word : STAD Cooperative Type, Evaluation system, the student achievement
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | tik 14 . Digilib |
Date Deposited: | 14 Jan 2016 03:26 |
Terakhir diubah: | 14 Jan 2016 03:26 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17313 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |