0813043009, Deska Mardiana EFEKTIVITAS TEKNIK DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN TARI SIGEH PENGUTEN SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG. Digital Library.
|
File PDF
cover 2.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover 1.pdf Download (34Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (4043b) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRACT.pdf Download (103Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 1 terbaru.pdf Download (101Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB 1V HASIL DAN PEMBAHASA tanpa aspek.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (480Kb) |
||
|
File PDF
cv.pdf Download (120Kb) | Preview |
|
|
File PDF
dafatr isi.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gambar.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar lampiran.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
II LANDASAN TEORI.pdf Download (698Kb) | Preview |
|
|
File PDF
III METODE PENELITIAN (Repaired).pdf Download (256Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (97Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah efektivitas teknik demonstrasi dalam pembelajaran tari Sigeh Penguten siswa kelas X SMK Negeri 3 Bandar Lampung. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menguji tingkat kemampuan menari Sigeh Penguten antara siswa dalam proses pembelajarannya menggunakan teknik demonstrasi dan dengan teknik pemberian tugas. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2011/2012, yakni berjumlah 267 orang yang tersebar di dalam 9 kelas. Penyampelan dilakukan dengan cluster random sampling. Dengan teknik itu sampel penelitian adalah kelas X Kecantikan kulit sebagai kelas eksperimen dan kelas X Kecantikan rambut sebagai kelas kontrol. Masing-masing berjumlah 24 siswa. Teknik untuk menghimpun data digunakan teknik tes, yakni tes awal dan tes akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor rata-rata kemampuan awal menari sigeh penguten untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 63,33 dan 63,46. Rerata skor itu tegolong cukup. Setelah diberi perlakuan, yakni pembelajaran dengan teknik demonstrasi pada kelas eksperimen dan teknik pemberian tugas pada kelas kontrol, rerata kemampuan menari siswa di kelas eksperimen sebesar 76,63 dan kelas kontrol sebesar 67,71. Rerata kemampuan itu tergolong baik untuk kelas eksperimen dan cukup untuk kelas kontrol. Hasil itu menunjukkan bahwa terjadi perbedaan peningkatan skor antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, skor kelas eksperimen lebih tinggi 9,5 dari kelas kontrol. Perbedaan itu dibuktikan melalui hasil uji hipotesis, yakni thitung > ttabel yakni (13,657) (1,684) Hal ini menujukan penggunaan teknik demonstrasi saat proses pembelajaran tari efektif dan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menari Sigeh Penguten. The research problem of this research was the effectiveness of demonstration technique in learning Sigeh Penguten dance in the 10th grade students of SMKN 3 Bandar Lampung. Based on the research problem, this research was aimed to describe the students’ Sigeh Penguten dancing level in the learning process by implementing the demonstration technique and administrating the task. The research method used in this research was experimental method. This research population was the 10th grade students of SMKN 3 Bandar Lampung school year of 2011/2012, which consisted of 267 students of 9 classes. The sampling method was obtained through cluster random sampling technique. The samples were X Skin Beauty class as the experimental class and X Hair Beauty class as the control class, in which each class consisted of 24 students. The data collecting technique was done through test technique which was given twice for each class, such as pre-test and post-test. The result of the research showed that the mean score of the students’ basic ability in dancing Sigeh Penguten in both experimental class and control class were 63.33 and 63.46, in which it was categorized average. After the treatment of learning Sigeh Penguten dance through demonstration technique in the experimental class and administering the task technique in the control class, the students’ mean score in the experimental class was 76.63; meanwhile, the students’ mean score in the control class was 67.71. It was categorized good for both experimental and control classes. This result showed that there was different gain between both experimental and control classes, in which the students’ mean score in the experimental class was 9.5 higher than the students’ mean score in the control class. This result was also proved by hypothesis testing, in which ttest > ttable where (13.657) (1.684). It showed that the use of demonstration technique in learning Sigeh Penguten dance was effective and could improve the students’ ability in dancing Sigeh Penguten dance.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 13 Jan 2016 06:49 |
Terakhir diubah: | 13 Jan 2016 06:49 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17338 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |