Alm. Ahmad Sukhairi, JESIKA ANGGRIA (2014) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWAKELAS X SMA NEGERI 1 SUMBERJAYA LAMPUNG BARAT TAHUN PELAJARAN 2013-2014. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (967Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (991Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (517Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (97Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (172Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (245Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (156Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (993Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1045Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Salah satu jenis media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar adalah media pembelajaran visual. Pemilihan media pembelajaran visual yang digunakan di kelas berpengaruh terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan rerata hasil belajar (pretest) geografi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, (2) Perbedaan rerata hasil belajar (posttest) geografi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, (3) Perbedaan peningkatan (gain) hasil belajar geografi kelas eksperimen dan kelas kontrol, (4) Efektivitas pembelajaran menggunakan media visual. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperiment). Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 262 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling dengan memperhatikan atas ciri-ciri relatif yang dimiliki yaitu ketuntasan hasil belajar, maka dipilih kelas X7 dan X1 sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar geografi berupa pretest dan posttest pada materi Sejarah Pembentukan Bumi. Tenik analisis data menggunakan uji T, untuk mengolah data penelitian digunakan program SPSS 20. Hasil penelitian ini: (1) Tidak ada perbedaan signifikan rerata hasil belajar (pretest) geografi, (2) Ada perbedaan signifikan rerata hasil belajar (posttest) geografi, (3) Ada Perbedaan peningkatan hasil belajar geografi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana peningkatan (gain) kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, (4) Pembelajaran Menggunakan Media Visual lebih efektif dibandingkan pembelajaran tanpa menggunakan media visual. Kata Kunci: efektivitas pembelajaran geografi, media visual
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > G Geography (General) > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 28 May 2014 07:15 |
Terakhir diubah: | 28 May 2014 07:15 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1737 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |