Heidy Pratiwi, 0813053035 (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA TIGA DIMENSI PADA SISWA KELAS IV A SD NEGERI 10 METRO PUSAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. (Tidak diterbitkan)
|
File PDF
ABSTRACT.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (140Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (336Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (103Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (370Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (160Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (101Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (279Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (374Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (752Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (155Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (167Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV A SD Negeri 10 Metro Pusat pada mata pelajaran matematika, dari 21 orang siswa hanya 4 (19%) siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM) 65. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV A SD Negeri 10 Metro Pusat melalui model discovery learning dengan media tiga dimensi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu; (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan tes. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning dengan media tiga dimensi pada pembelajaran matematika di kelas IVA SD Negeri 10 Metro Pusat dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Persentase siswa aktif siklus I sebesar 61,90% (aktif), siklus II sebesar 80,95% (sangat aktif) mengalami peningkatan sebesar (19,05%). Rata-rata hasil belajar siswa, siklus I sebesar 69,52 (baik), siklus II sebesar 75,23 (amat baik), peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar (5,71). Meningkatnya hasil belajar siswa juga dapat di ketahui dari persentase siswa tuntas, siklus I sebesar 71,42% (tinggi), siklus II sebesar 85,71% (sangat tinggi), peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar (14,29%). Kata kunci: aktivitas, discovery learning, hasil belajar, media tiga dimensi.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 434687 . Digilib |
Date Deposited: | 15 Jan 2016 02:45 |
Terakhir diubah: | 18 Jan 2016 04:58 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17408 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |