Midin, Mide Rara Emirilda (2014) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 GEDONG TATAAN TAHUN PELAJARAN 2013-2014. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
Text
02. COVER DALAM.pdf - Published Version Download (84Kb) | Preview |
|
|
Text
03. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
|
Text
04. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (616Kb) | Preview |
|
|
Text
05. HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (576Kb) | Preview |
|
|
Text
06. SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (227Kb) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (58Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (93Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Download (182Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Download (107Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (992Kb) |
|
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (15Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (15Kb) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (5Mb) | Preview |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui perbedaan rata-rata nilai pretes mata pelajaran geografi pada kelas yang akan diberi perlakuan metode pembelajaran Problem Solving dan kelas yang diberi metode ceramah. Untuk mengetahui rata-rata postes hasil belajar geografi pada kelas yang akan diberi perlakuan metode pembelajaran Problem Solving lebih tinggi dibandingkan pada kelas yang diberi metode ceramah. Untuk mengetahui gain (peningkatan) hasil belajar geografi pada kelas akan yang diberi metode pembelajaran Problem Solving lebih tinggi dibandingkan pada kelas yang diberi metode ceramah. Untuk mengetahui metode pembelajaran Problem Solving lebih efektif dibandingkan metode ceramah pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS SMAN I Gedong Tataan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Eksperimen Semu (quasi eksperimen). Jumlah sampel sebanyak 45 siswa. Analisis data yang digunakan adalah uji t independent samples test. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: Terdapat perbedaan rata-rata nilai pretes mata pelajaran geografi pada kelas yang diberi perlakuan metode Problem Solving dan pada kelas yang diberi metode ceramah. Rata-rata postes hasil belajar geografi pada kelas yang diberi perlakuan metode pembelajaran Problem Solving lebih tinggi dibandingkan kelas yang diberi metode ceramah. Rata-rata gain hasil belajar geografi pada kelas yang diberi perlakuan metode Problem Solving lebih tinggi dibandingkan pada kelas yang diberi metode ceramah. Metode pembelajaran Problem Solving lebih efektif dibandingkan metode ceramah pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS SMAN I Gedong Tataan. Kata Kunci: Metode, Problem Solving, Hasil Belajar Georgrafi
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS |
Depositing User: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 28 May 2014 07:16 |
Last Modified: | 28 May 2014 07:16 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1741 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |