EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN PENGUASAAN KONSEP

0853023040, Nunik Dyah Indraswari (2012) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN PENGUASAAN KONSEP. Digital Library.

[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (194Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (136Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (300Kb) | Preview
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465Kb)
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PERNYATAAN.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
4. cover dalam.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5. penyetujuan.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
6. MENGESAHKAN.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
7. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
8. persembahan.pdf

Download (171Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
9. M O T T O.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
10. SANWACANA.pdf

Download (201Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR ISI.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar gambar.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar tabel.pdf

Download (66Kb) | Preview

Abstrak

Ketepatan pendidik dalam memilih dan menerapkan model pembelajaran mempe-ngaruhi tingkat keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep. Keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep yang dilatihkan mela-lui model pembelajaran yang tepat akan menghantarkan siswa pada pembelajaran yang lebih bermakna. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh model pembel-ajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep siswa pada materi kesetimbangan kimia. Model pembelajaran Learning Cycle 3E terdiri dari 3 fase yaitu fase eksplorasi (exploration), fase penjelasan konsep (explaination) dan fase penerapan konsep (elaboration). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Al-Kautsar Bandar Lampung kelas XI IPA 3 dan XI IPA4 semester Ganjil Tahun Ajaran 2011-2012 yang memiliki karakteristik hampir sama. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 3E diukur berdasarkan peningkatan gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-gain keterampilan mengkomunikasikan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing -0,31 dan 0,08; dan rata-rata n-gain penguasaan konsep untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0.63 dan 0,71. Berdasarkan uji hipotesis, diketahui bahwa kelas dengan pembelajaran Learning Cycle 3E memiliki keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Learning Cycle 3E efektif dalam meningkat-kan keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep siswa. Kata kunci: Learning Cycle 3E, keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: UPT . TIK5
Date Deposited: 14 Jan 2016 03:05
Last Modified: 14 Jan 2016 03:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17416

Actions (login required)

View Item View Item