PENINGKATAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PKN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IX C SEMESTER GANJIL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 12 KOTABUMI TAHUN PELAJARAN 2010-2011

0923031002, Ahmad Husen (2011) PENINGKATAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PKN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IX C SEMESTER GANJIL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 12 KOTABUMI TAHUN PELAJARAN 2010-2011. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
0923031002-abstract.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0923031002-abstrak.pdf

Download (95Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0923031002-kesimpulan.pdf

Download (100Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0923031002-pendahuluan.pdf

Download (153Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan Media audio visual dalam upaya meningkatkan motivasi, Aktivitas, dan Prestasi belajar siswa kelas IX C SMPN 12 Kotabumi tahun pelajaran 201 0/2011 pada standar kompetensi menampilkan partisipasi dalam usaha pembelaan Negara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang merupakan bagian dari penelitian tindakan, menggunakan pendekatan deskriptif analitik yang dilakukan dalam 3 (tiga) siklus. Setiap siklus teridiri atas. (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek penelitiannya adalah Siswa kelas IX C SMPN 12 Kotabumi yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pengamatan atau observasi, angket, tes, foto dan dokumentasi. Analisis data akhir menggunakan member chek, triangulasi, audit trail, dan expert opinion. Hasil penelitian adalah. (1) Penggunaan media audio visual berupa film, materi power poin serta lagu dalam proses pembelajaran PKn, dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Pada siklus pertama memperoleh angka 59%. Pada siklus kedua naik menjadi 76% atau naik sekitar 17%. Pada siklus ketiga naik kembali menjadi 79% atau naik sekitar 3%. Dari skor maksimal 100%. (2) Penggunaan media audio visual berupa film, materi power poin serta lagu dalam proses pembelajaran PKn, dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Pada siklus pertama 47% naik menjadi 76% pada siklus kedua atau naik sebesar sebesar 19%, tetapi pada siklus ketiga terjadi sedikit penurunan sebesar 2%, dari skor 76% turun menjadi 74%. (3) Penggunaan media audio visual berupa film, materi power poin serta lagu dalam proses pembelajaran PKn, dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Pada siklus pertama sebesar 61,76%, pada siklus kedua naik menjadi 76,47% atau naik sekitar 14,71%, pada siklus ketiga naik menjadi 85,29% atau naik sekitar 8,82%.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: tik . 8
Date Deposited: 14 Jan 2016 03:07
Terakhir diubah: 14 Jan 2016 03:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17503

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir