PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI I KATIBUNG LAMPUNG SELATAN Oleh

0923031020, Idhamsyah (2012) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI I KATIBUNG LAMPUNG SELATAN Oleh. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
0923031020-abstract.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0923031020-abstrak.pdf

Download (165Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya partisipasi belajar sejarah siswa kelas XII IPS semester ganjil Tahun Pembelajaran 2010 – 2011. Hal ini terjadi karena siswa sulit untuk memahami materi yang dijelaskan oleh guru dengan metode ceramah. Untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa, penelitian ini menggunakan model pembelajaran Group Investigation, yang didalamnya menggunakan metode diskusi kelompok. Adapun komponen keterampilan siswa yang diperoleh, keberanian mengemukakan pendapat, menanggapi pendapat siswa lain, kemampuan menyimpulkan hasil diskusi, memberikan tanggapan terhadap kelompok lain yang sedang presentasi, menjawab pertanyaan siswa lain dalam presentasi sebagai bentuk partisipasi siswa dalam proses pembelajaran sejarah. Hasil dari penggunaan model pembelajaran Group Investigation pada mata pelajaran sejarah siswa SMA Negeri I Katibung Lampung Selatan kelas XII IPS Tahun Pembelajaran 2010 – 2011 dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa, yaitu dari 14 siswa atau 39% pada siklus I, menjadi 18 siswa atau 50% siklus II, dan 30 siswa atau 83% pada siklus III. Meningkatkan kemampuan guru dalam keterampilan memimpin diskusi kelompok dari 52 pada siklus I, manjadi 72 pada siklus II, 95 pada siklus III.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: tik9 . Digilib
Date Deposited: 14 Jan 2016 03:13
Terakhir diubah: 14 Jan 2016 03:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17516

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir