PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 SEKAMPUNG

0923031028, Maslien (2012) PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 SEKAMPUNG. Digital Library.

[img]
Preview
FIle PDF
0923031028-abstract.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
0923031028-abstrak.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
0923031028-kesimpulan.pdf

Download (113Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
0923031028-pendahuluan.pdf

Download (29Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar di SMP Negeri 2 Sekampung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Adapun jumlah responden dalam penelitian ini adalah 35 siswa. Adapun alat penggumpulan data meliputi: observasi, lembar skala, dan tes. Teknik penggolahan data meliputi menelaah seluruh data yang telah terkumpul, reduksi data, penyimpulan data, dan intepretasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ( 1) Terdapat peningkatan motivasi belajar melalui pembelajaran kontekstual dengan predikat motivasi tinggi mencapai 29 % pada siklus I, meningkat menjadi 40 % pada siklus II, dan meningkat lagi menjadi 80 % pada siklus III. ( 2 ) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kontekstual, dengan nilai rata- rata hasil belajar siswa 50,7 dengan ketuntasan 31 %. Setelah penerapan dengan model pembelajaran kontekstual menjadi 60,1 dengan ketuntasan klasikal 51 % pada siklus 1, kemudian meningkat menjadi 70,1 dengan ketuntasa klasikal 69 % pada siklus II, dan meningkat lagi menjadi 80,4 dengan ketuntasan klasikal 91 % pada siklus III. (3) Terdapat pembelajaran kontekstual yang tepat yaitu pembelajaran kontektual dengan strategi belajar berbasis masalah. dengansil pengamatan diperoleh hasil sebagai berikkut (a). Siswa telah memiliki rasa kerja sama dalam kelompok, terlihat dari hasil 67,1 5 pada siklus I , menjadi 82,8% pada siklus II, dan menjadi 88,5 % pada siklus III. (b) Siswa telah memiliki gaerah dalam belajar terlihat dari hasil pengamatan 74,3 % pada siklus I, menjadi 82,8 % pada siklus II, menjadi 87,2 % pada siklus III, (c), Siswa telah berpikir kritis dan kreatif terlihat dari hasil 44,3 % pada siklus I, menjadi 52,8 % pada siklus II, menjadi 67,1 % pada siklus 3, (d) Siswa telah mandiri dalam belajar terlihat dari 80 % pada siklus I menjadi 82,8% pada siklus II, menjadi 84,4 % pada siklus III, (e). Siswa telah memiliki tanggung jawab dalam belajar terlihat dari hasil 82,8% pada siklus I, menjadi 95,7 % pada siklus II, menjdai 98,5 % pada siklus III.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: tik9 . Digilib
Date Deposited: 14 Jan 2016 03:14
Terakhir diubah: 14 Jan 2016 03:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17517

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir