PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PELAJARAN SEJARAH, PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR, DAN AKTIVITAS SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH KELAS XII SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011 Oleh

0923031032, NINGSIH SETYOWATI (2011) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PELAJARAN SEJARAH, PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR, DAN AKTIVITAS SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH KELAS XII SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011 Oleh. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
0923031032-abstract.pdf

Download (235Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0923031032-abstrak.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0923031032-kesimpulan.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0923031032-pendahuluan.pdf

Download (198Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh persepsi siswa tentang pelajaran sejarah, pemanfaatan sumber belajar, dan aktifitas siswa dengan prestasi belajar sejarah kelas XII IPS SMA Gajah Mada Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011 yang dibatasi pada variabel persepsi siswa tentang mata pelajaran sejarah, pemanfaatan sumber belajar, aktifitas siswa dan prestasi belajar sejarah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS SMA Gajah Mada Bandar Lampung yang berjumlah 121 orang dengan sampel 36 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode survei dengan teknik analisisnya regresi. Data yang terkumpul melalui angket, diolah dengan komputer melalui program SPSS versi 16. Untuk menguji hipotesis pertama, kedua, dan ketiga menggunakan regresi linier sederhana, sedangkan hipotesis keempat menggunakan regresi linier multiple. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut. (1) Ada pengaruh persepsi siswa terhadap prestasi belajar sejarah kelas XII IPS SMA Gajah Mada Bandar Lampung. Persepsi siswa tentang pelajaran sejarah memberikan andil/sumbangan sebesar 22%. Semakin baik persepsi siswa tentang pelajaran sejarah semakin tinggi prestasi belajar sejarah yang diperoleh. (2) Ada pengaruh pemanfaatan sumber belajar terhadap prestasi belajar sejarah kelas XII IPS SMA Gajah Mada Bandar Lampung. Pemanfaatan sumber belajar memberikan andil/sumbangan sebesar 11,2%. Semakin tinggi pemanfaatan sumber belajar semakin baik prestasi belajar sejarah yang diperoleh. (3) Ada pengaruh aktivitas siswa terhadap prestasi belajar sejarah kelas XII IPS SMA Gajah Mada Bandar Lampung. Aktivitas siswa memberikan andil/sumbangan sebesar 15,6%. Semakin tinggi aktivitas siswa semakin tinggi prestasi belajar sejarah yang diperoleh. (4) Ada pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang mata pelajaran sejarah, pemanfaatan sumber belajar, dan aktivitas siswa dengan prestasi belajar sejarah kelas XII IPS SMA Gajah Mada Bandar Lampung. Ketiga variabel secara bersama-sama memberi andil/sumbangan sebesar 32,7% terhadap prestasi belajar sejarah. Semakin baik persepsi siswa tentang pelajaran sejarah, semakin sering pemanfaatan sumber belajar, dan semakin tinggi aktivitas siswa akan semakin tinggi prestasi belajar sejarah kelas XII IPS SMA Gajah Mada Bandar Lampung.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: tik9 . Digilib
Date Deposited: 14 Jan 2016 03:14
Terakhir diubah: 14 Jan 2016 03:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17522

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir