Narto, AGUS WINARTI (2014) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KOLOID DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ORISINIL. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (374Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (349Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (304Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (110Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (235Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (135Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (228Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (2985Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan keterampilan berpikir orisinil pada materi koloid. Model pembelajaran inkuiri terbimbing terdiri dari lima tahap yaitu (1) mengaju-kan pertanyaan atau permasalahan, (2) merumuskan masalah, (3) mengumpulkan data, (4) menganalisis data, dan (5) membuat kesimpulan. Populasi dalam pene-litian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMA Negeri 7 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012-2013 yang berjumlah 200 siswa dan tersebar dalam lima kelas yaitu XI IPA 1 sampai XI IPA 5. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non equivalent Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran inkuiri ter-bimbing diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kon-trol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata n-Gain keterampilan berpikir orisinil pada kelas kontrol sebesar 0,52 dan pada kelas eksperimen sebesar 0,60. Berdasarkan pengujian hipotesis, diketahui bahwa Agus Winarti pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir orisinil. Kata kunci: berpikir orisinil, inkuiri terbimbing, koloid.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QD Chemistry |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 28 May 2014 07:23 |
Terakhir diubah: | 28 May 2014 07:23 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1756 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |