EFEKTIVITAS MODEL LEARNING CYCLE 6E PADA MATERI KOLOID DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN MENGKOMUNIKASIKAN

Tabi’i, CITRA NIKA DIANITA (2014) EFEKTIVITAS MODEL LEARNING CYCLE 6E PADA MATERI KOLOID DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN MENGKOMUNIKASIKAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (71Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (115Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (107Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (171Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (272Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (326Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (421Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (4065Kb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model Learning Cycle 6E pada materi koloid dalam meningkatkan keterampilan mengelompokan dan mengkomunikasikan. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA YP Unila Bandar Lampung semester genap tahun ajaran 2012-2013 dengan kelas XI IPA2 dan kelas XI IPA4 sebagai sampel. Efektivitas model Learning Cycle 6E diukur berdasarkan perbedaan n- Gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain keterampilan mengelompokkan untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,65 dan 0,49; serta rata-rata n-Gain keterampilan mengkomunikasikan untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,69 dan 0,59. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji-t, didapat kesimpulan bahwa model Learning Cycle 6E efektif dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan mengkomunikasikan pada materi koloid. Kata kunci: keterampilan mengelompokkan, keterampilan mengkomunikasikan, model Learning Cycle 6E

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 28 May 2014 07:34
Last Modified: 28 May 2014 07:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1767

Actions (login required)

View Item View Item