PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS REPRESENTASI KIMIA PADA PEMBELAJARAN PARTIKEL MATERI

Muladi, DONNY PRAMANALADI (2014) PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS REPRESENTASI KIMIA PADA PEMBELAJARAN PARTIKEL MATERI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (164Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (167Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (45Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (107Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (254Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (126Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2310Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (95Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (4025Kb)

Abstrak

Konsep kimia banyak yang bersifat abstrak. Pembelajaran kimia yang berlangsung selama ini umumnya hanya pada dimensi makroskopis dan simbolik, sedangkan dimensi submikroskopis seringkali diabaikan. Penelitian ini bertujuan untuk me-ngembangkan media animasi berbasis representasi kimia pada pokok bahasan partikel materi. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan me-nurut Sugiyono (2008) yang secara garis besar terdiri dari tiga tahap yaitu (1) analisis kebutuhan; (2) perencanaan dan pengembangan dan; (3) evaluasi produk. Hasil penelitian ini adalah produk pengembangan berupa media animasi berbasis representasi kimia pada pembelajaran partikel materi yang memiliki karakteristik yaitu 1) menampilkan pokok bahasan partikel materi yang dijelaskan melalui representasi kimia; 2) memiliki bagian-bagian berupa opening, judul program, kata pengantar, petunjuk penggunaan, SK, KD, indikator, menu partikel materi, animasi partikel penyusun unsur, animasi partikel penyusun senyawa, animasi perbedaan molekul unsur dengan molekul senyawa, literatur, profil pengembang, dan tombol keluar dari program; 3) memiliki tingkat kesesuaian isi yang sangat tinggi yaitu 93% menurut guru dan menurut validator yaitu seorang iii ahli di bidang teknologi pendidikan media memiliki tingkat kesesuaian isi yang tinggi yaitu 80%, memiliki tingkat keterbacaan yanag sangat tinggi yaitu 94% menurut guru dan 91,69% menurut siswa, dan memiliki tingkat kemenarikan yang tinggi yaitu 86,70 % menurut siswa. Kata kunci : media animasi, partikel materi, representasi kimia

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 28 May 2014 07:38
Last Modified: 28 May 2014 07:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1769

Actions (login required)

View Item View Item