ANALISIS PENULISAN LEAD BERITA PADA WEBSITE UNIVERSITAS LAMPUNG http://www.unila.ac.id/ (Study Pada Periode Bulan Januari-Februari 2010)

Nn, HISNA CACA HAYATI (2010) ANALISIS PENULISAN LEAD BERITA PADA WEBSITE UNIVERSITAS LAMPUNG http://www.unila.ac.id/ (Study Pada Periode Bulan Januari-Februari 2010). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (95Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Salah satu hal terpenting dari sebuah berita adalah teras berita karena memuat inti berita. Dalam bahasa inggris disebut lead. Hal- hal yang penting diletakkan pada lead agar mempermudah pembaca memahami isi berita.Pada media online, penulisan lead berita juga harus tetap mengindahkan syarat-syarat penulisan lead yang baik. Lead berita yang terdapat pada website Univeristas Lampung (http://www.unila.ac.id) tidak luput dari perhatian penulis sebagai objek penelitian. Tujuannya adalah untuk menemukan kesesuaian penulisan lead berita dengan syarat- syarat penulisan lead yang baik menurut PWI. Selain itu, untuk mengetahui gaya penulisan lead berita pada website Unila. Rumusan masalah untuk penelitian ini adalah “Bagaimanakah penulisan lead pada berita-berita di website Unila pada periode Januari - Februari 2010?” Tipe penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan metode yang digunakan adalah analisis isi. Hasil penelitian ini adalah penulisan lead berita website Unila pada periode JanuariFebruari 2010 telah sesuai dengan syarat-syarat penulisan lead yang baik. Terdapat 18 lead dari 40 lead berita yang memenuhi 10 syarat penulisan lead yang baik. Sedangkan 22 lead dari 40 lead yang diteliti, hanya memenuhi 7 sampai 9 syarat penulisan lead yang baik menurut PWI. Gaya penulisan lead berita pada website Unila adalah Who-Deskriptif. Gaya ini terdapat pada 21 lead dari 40 lead yang diteliti, yaitu 9 lead pada bulan Januari dan 11 lead pada bulan Februari.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: tik9 . Digilib
Date Deposited: 15 Jan 2016 06:49
Terakhir diubah: 15 Jan 2016 06:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17800

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir