1013069016, Deny Saputra (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V SDN 3 BUMI WARAS TELUK BETUNG SELATAN BANDAR LAMPUNG. Digital Library.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 1.pdf Download (197Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (219Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (233Kb) |
||
|
File PDF
bab 5.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover 1.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover 2.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cv.pdf Download (104Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (41Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (84Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V SD Negeri 3 Bumi Waras Kecamatan Teluk Betung Selatan Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam menggunakan model pembelajaran koperatif tipe student teams achievement division (STAD). Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 3 siklus. Pada setiap siklus mengikuti 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran koperatif tipe student teams achievement division (STAD) yaitu siswa ditempatkan dalam tim belajar beranggotakan 4-5 orang merupakan campuran menurut tingkat prestasi, jenis kelamin, dan suku, kemudian siswa bekerja dalam tim mereka memastikan bahwa seluruh anggota tim telah menguasai pelajaran tersebut. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode pengamatan, dokumentasi, dan tes. Sedangkan instrument penilaiannya menggunakan lembar observasi dan tes tertulis. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari 2 (dua) teknik yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada pokok bahasan penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya menggunakan model pembelajaran koperatif tipe student teams achievement division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Dengan rincian peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I 52,08%, siklus II 68,75%, siklus III mencapai 77,08% dan untuk hasil belajar siswa peningkatan dari siklus I nilai rata-rata kelas 57,81 dengan ketuntasan belajar sebesar 54,17%, siklus II nilai rata-rata kelas 67,19 dengan ketuntasan belajar sebesar 70,83%, siklus III nilai rata-rata kelas 73,75 dengan ketuntasan belajar sebesar 87,50%. Kata kunci : kooperatif tipe STAD, aktivitas dan hasil belajar, IPA
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 15 Jan 2016 04:00 |
Terakhir diubah: | 15 Jan 2016 04:00 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17919 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |