EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA

0613021061, RANY WIDYASTUTI (2016) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0613021061-abstrak.pdf

Download (138Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0613021061-pendahuluan.pdf

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0613021061-kesimpulan.pdf

Download (36Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa maupun secara umum, serta menganalisis asosiasi antara model pembelajaran dengan kemampuan peme- cahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah penelitian eksperi- men semu. Melalui teknik purposive random sampling diperoleh sampel peneli- tian adalah kelas IX B sebagai kelas eksperimen dan kelas IX C sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan uji independen dua faktor. Dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dari siswa yang diajar dengan menggunakan model Rany Widyastuti pembelajaran langsung, baik jika ditinjau dari kemampuan awal matematika tinggi, kemampuan awal matematika sedang, kemampuan awal matematika rendah, maupun secara umum, serta terdapat asosiasi antara model pembelajaran dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Sehingga dapat disim- pulkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa jika dibandingkan dengan model pembelajaran langsung pada siswa kelas IX SMPN 1 Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011, baik ditinjau dari masing-masing kemampuan awal matematika siswa maupun secara umum.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 15 Jan 2016 04:08
Terakhir diubah: 15 Jan 2016 04:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18034

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir