PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA PERAWAT RUMAH SAKIT UMUM ABDUL MOELOEK BANDAR LAMPUNG

0611011109, RAHMI UTAMI (2012) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA PERAWAT RUMAH SAKIT UMUM ABDUL MOELOEK BANDAR LAMPUNG. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK Rahmi (english).pdf

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (326Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (79Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja perawat. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 61 perawat yang diambil dengan teknik pengambilam sampel Stratified Random Sampling. Metode analisis kuantitatif yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Latar belakang masalah berdasarkan data keluhan pasien yang diperoleh bahwa jumlah keluhan terbanyak ditujukan kepada pelayanan perawat Rumah Sakit Umum Dr. H. Abdul Moeloek Bandar Lampung, yaitu terdapat 71,2 % surat mengeluhkan perawat dalam memberikan pelayanan. Perumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja perawat dalam memberikan pelayanan kepada pasien. Rahmi Utami sehingga dapat mengurangi tingkat keluhan pasien khususnya berkaitan dengan pelayanan yang diberikan oleh perawat. Berdasarkan hasil analisis linear sederhana didapat persamaan regresi sebesar Y= 25,300 + 0,554X. Nilai variabel kecerdasan emosi sebesar 0,554 yang berarti bahwa jika kecerdasaan emosional perawat bertambah 1 satuan maka akan meningkatkan kinerja perawat sebesar 0,554 satuan. Pada uji hipotesis yang dilakukan lewat uji t diketahui bahwa nilai t hitung (6,171) lebih besar dari t tabel (2,001) sehingga hipotesis diterima yang artinya bahwa kecerdasaan emosional berpengaruh terhadap kinerja perawat RSUD.Dr. H. Abdul Moeloek Bandar Lampung, karena angka signifikan sebesar 0,00 < dari 0,05 membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kedua variabel. Hasil analisis menunjukkan bahwa kecerdasan emosional memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja, sehingga kecerdasan emosional perawat harus ditingkatkan dari waktu ke waktu untuk mendukung agar kinerjanya dapat meningkat sehingga diharapkan tingkat keluhan pasien terhadap pelayanan perawat pun dapat berkurang. Abstract This research is purposed to examine the influence of emotional intellectual on nurse performance. The sample taken in this research are about 61 nurses selected by applying Stratified Random Sampling method. Quantitative analysis method applied in this research is simple linear regression. This research is based on the data of patient complaints which shows that the most complaints is pointed to the service given by nurse of Dr. H. Abdul Moeloek Bandar Lampung Hospital. 71,2% of complaint letter is presented to its nurse in giving the service. The problem issued in this research is about how emotional intellectual influence nurse performance in providing service to their patients, so that it will decrease the complaint especially for the service. Based on simple linear regression analysis, it obtained regression equation Rahmi Utami Y= 25,300 + 0,554X. Emotional intellectual variable value of 0,554 means that if the nurse emotional intellectual increased for 1 unit, it will increase their performance for 0,554 unit. Hypothesis test is conducted by t-test. It shows that t value (6,171) is greater than t value table (2,001), it shows that the hypothesis is accepted and it means that emotional intellectual influenced the nurse performance of Dr. H. Abdul Moeloek Hospital Bandar Lampung. It also can be seen from the significance value of 0,00 which is lower that 0,05 which means that there’s influence between two variables. This analysis shows that emotional intellectual has positive and significance influence on performance, so that the nurse emotional intellectual need to be imporved over the period in order to support their performance, which means that the patient complaints will decrease.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: tik 14 . Digilib
Date Deposited: 15 Jan 2016 07:21
Terakhir diubah: 15 Jan 2016 07:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18059

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir