UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK DASAR TOLAK PELURU TEKNIK LINIER DENGAN MODIFIKASI ALAT PADA SISWA KELAS VIIa SMP WIYATAMA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010

0513051006, Ardiyansah (2012) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK DASAR TOLAK PELURU TEKNIK LINIER DENGAN MODIFIKASI ALAT PADA SISWA KELAS VIIa SMP WIYATAMA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Digital Library.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (527Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHN.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHANM.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (75Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWANCAN.pdf

Download (68Kb) | Preview

Abstrak

Abstrak Penelitian ini dilaksanakan di SMP WIYATAMA Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIIa yang berjumlah 32 siswa, dengan jumlah 20 laki-laki dan 12 perempuan. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan menggunakan instrumen penilaian tes keterampilan gerak dasar tolak peluru teknik linier. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran dan memperbaiki keterampilan gerak dasar tolak peluru pada siswa kelas VIIa di SMP WIYATAMA Bandar Lampung tahun pelajaran 2009/2010 dengan penggunaan alat modifikasi berupa bola pelastik beragam warna yang seukuran dengan peluru standar, bola pelastik beragam warna yang seukuran dengan peluru standar dan di isi semen yang dicampur dengan pasir sehingga beratnya menjadi lebih ringan, dan dua tiang serta tali. Hasil penelitian menunjukkan: pada siklus pertama dengan penggunaan alat modifikasi berupa bola pelastik beragam warna yang seukuran dengan peluru standar diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajar 34,75%. Pada siklus kedua dengan penggunaan alat modifikasi berupa bola pelastik beragam warna yang seukuran dengan peluru standar dan di isi semen yang dicampur dengan pasir sehingga beratnya menjadi lebih ringan diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajar 53,13%. Pada siklus ketiga dengan penggunaan alat modifikasi berupa bola pelastik beragam warna yang seukuran dengan peluru standar dan di isi semen yang dicampur dengan pasir sehingga beratnya menjadi lebih ringan, dan dua tiang serta tali diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajar 84,36%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah proses pembelajaran dengan modifikasi alat yang dilakukan dalam tiga siklus tindakan secara keseluruhan telah terbukti menghasilkan proses pembelajaran yang efektif karena mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: IC-STAR . 2015
Date Deposited: 21 Jan 2016 03:43
Last Modified: 21 Jan 2016 03:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18481

Actions (login required)

View Item View Item