PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI ASAM, BASA, DAN GARAM (PTK pada Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 22 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009-2010)

0543023036, DWI YULYANI (2010) PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI ASAM, BASA, DAN GARAM (PTK pada Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 22 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009-2010). Digital lebrary.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
kesimpulan.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
pendahuluan.pdf

Download (73Kb) | Preview

Abstrak

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi di SMP Negeri 22 Bandar Lampung diketahui bahwa nilai rata-rata tes formatif siswa pada materi asam, basa, dan garam masih rendah yaitu 48% yang memperoleh nilai 68. Hal tersebut disebabkan karena aktivitas siswa masih rendah dalam proses pembelajaran. Siswa juga jarang melakukan praktikum, sehingga siswa kurang terlatih untuk melakukan keterampilan proses sains. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan keterampilan proses sains pada materi asam, basa, dan garam adalah dengan penggunaan metode eksperimen berbasis lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen berbasis lingkungan pada materi asam, basa, dan garam dalam meningkatkan aktivitas on task dan keterampilan proses sains siswa.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Depositing User: IC-STAR . 2015
Date Deposited: 15 Jan 2016 08:06
Last Modified: 15 Jan 2016 08:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18515

Actions (login required)

View Item View Item