Luthain Said, DEWI NOVIANTI (2014) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DALAM BELAJAR IPS (SEJARAH) SISWA KELAS VII.1 DI SMP NEGERI I GISTING TAHUN PELAJARAN 2013/2014. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (177Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (100Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (105Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (157Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (130Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (295Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (120Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pendidikan memiliki suatu peran penting dalam pembentukan generasi-generasi muda penerus bangsa yang berkemampuan, cerdas dan handal dalam pelaksanaan pembangunan kehidupan berbangsa. Pendidikan yang berlangsung menuntut pada pihak-pihak yang terlibat didalamnya untuk berperan serta dalam pencapaian hasil pendidikan yang optimal. Salah satu piahak tersebut adalah guru sebagai pihak yang berperan dalam terciptanya proses pembelajaran yang menarik dan ketertarikan dalam proses belajar itu sendiri. Proses pembelajaran merupakan suatu interaksi antara guru dan siswa untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan. Dalam suatu proses belajar mengajar terdapat salah satu aspek yang yang sangat menentukan keberhasilan tujuan tersebut yaitu pengunaan model pembelajaran yang tepat. Berdasarkan penelitian pendahuluan yang dilakukan di SMP Negeri 1 Gisting diperoleh informasi bahwa proses pembelajaran di sekolah tersebut masih belum efektif hal ini dikarenakan belum efektifnya aktifitas siswa selama pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu peneliti bermaksud melakukan penelitian tindakan kelas dengan mencoba menggunakan model pembelajaran kooperatif Team Games Tournamen sebagai upaya meningkatkan aktifitas siswa dalam pembelajaran IPS khususnya dalam bidang studi Sejarah. Tujuan Penelitian tindakan kelas ini adalah untuk melihat apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif Team Games Tournamen dapat meningkatkan aktifitas pembelajaran siswa khususnya dalam bidang studi Sejarah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif Team Games Tournamen dapat meningkatkan aktivitas belajar pada mata Dewi Novianti pelajaran sejarah siswa kelas VII.1 di SMP Negeri 1 Gisting Tahun Pelajaran 2013/2014.Data penelitian dikumpulkan melalui lembar observasi pengelolaan pembelajaran dan data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif Team Games Tournamen dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan dari tiap siklus. Pada siklus I terdapat 60 % aktivitas siswa yang sudah cukup baik. Siklus II terdapat 70 % aktivitas siswa yang sudah cukup baik dan siklus III terdapat 83 % aktivitas yang sudah baik.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 31 May 2014 05:50 |
Terakhir diubah: | 31 May 2014 05:50 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1852 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |