PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP KIMIA PADA MATERI POKOK HUKUM- HUKUM DASAR KIMIA DENGAN MENGGUNAKAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION)

0613023045, ROMAULI SINAGA (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP KIMIA PADA MATERI POKOK HUKUM- HUKUM DASAR KIMIA DENGAN MENGGUNAKAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION). Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0613023045-abstrak.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0613023045-kesimpulan.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0613023045-pendahuluan.pdf

Download (68Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi peneliti pada kelas X 1 SMA Arjuna Bandar Lampung diperoleh bahwa nilai rata-rata penguasaan konsep hukum-hukum dasar kimia adalah 56. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran kimia kelas X yang ditentukan adalah 100% siswa mendapat nilai ≥ 60, pada kenyataan- nya hanya 50% siswa mendapat nilai ≥ 60, dengan demikian kelas tersebut belum tuntas. Aktivitas siswa yang relevan dengan pembelajaran (on task) rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan konsep kimia siswa pada materi pokok hukum-hukum dasar kimia adalah dengan meng-gunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Asissted Individualization). Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan persentase peningkatan : (1) setiap jenis aktivitas on task; (2) nilai rata-rata penguasaan konsep kimia; dan (3) ketuntasan belajar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Romauli Sinaga Data penelitian ini terdiri dari data kualitatif, yaitu data aktivitas on task siswa yang diperoleh dari lembar observasi, serta data kuantitatif berupa nilai penguasaan konsep hukum-hukum dasar kimia yang diperoleh melalui tes formatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan persentase: (1) setiap jenis aktivitas on task siswa dari siklus I ke siklus II yaitu (a) mengemukakan pendapat sebesar 5,96%; (b) aktif dalam diskusi sebesar 18,07%; (c) bertanya pada guru sebesar 7,43%; dan (d) menjawab pertanyaan sebesar 10,57%. Persentase peningkatan penguasaan konsep kimia dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 14,05% dan Peningkatan persentase ketuntasan minimal dari siklus I ke siklus II sebesar 26,93%.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 21 Jan 2016 04:35
Terakhir diubah: 21 Jan 2016 04:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18657

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir