0613034023, DODI SETIAWAN (2016) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN KELENGKAPAN SUMBER BELAJAR DI RUMAH DENGAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 12 BANDAR LAMPUNG SEMESTER GANJIL TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011. Digilib Library.
|
File PDF
0613034023-abstrak.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
0613034023-kesimpulan.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
0613034023-pendahuluan.pdf Download (42Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan disiplin belajar siswa geografi dan kelengkapan sumber belajar geografi siswa di rumah dengan prestasi belajar geografi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 12 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 12 Bandar Lampung Tahun Pembelajaran 2010/2011, yang berjumlah 152 siswa, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 38 siswa dengan menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik kuesioner, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan positif yang cukup tinggi dan signifikan antara disiplin belajar siswa geografi di rumah dengan prestasi belajar geografi siswa, yang ditunjukkan dengan r hitung = 0,621 > r = 0,320. Hal ini berarti ada kecenderungan semakin tinggi disiplin belajar siswa geografi di rumah maka semakin tinggi prestasi belajar geografi yang dicapai, semakin rendah disiplin belajar siswa geografi di rumah maka cenderung semakin rendah prestasi belajar geografi yang dicapai. (2) terdapat hubungan positif yang cukup tinggi dan signifikan antara sumber belajar geografi siswa di rumah dengan prestasi belajar geografi siswa, yang ditunjukkan dengan r hitung = 0,779 > r = 0,320. Hal ini berarti ada kecenderungan semakin lengkap sumber belajar geografi siswa di rumah maka semakin tinggi prestasi belajar geografi yang dicapai, semakin tidak lengkap sumber belajar geografi siswa di rumah maka cenderung semakin rendah prestasi belajar geografi yang dicapai. (3) terdapat hubungan positif yang tinggi dan signifikan antara disiplin belajar siswa geografi di rumah dan kelengkapan sumber belajar geografi siswa di rumah dengan prestasi belajar geografi siswa, yang ditunjukkan dengan r hitung 0,828 > r tabel 0,320. Hal ini berarti ada kecenderungan semakin tinggi disiplin belajar siswa geografi di rumah dan semakin lengkap sumber belajar geografi siswa di rumah maka kecenderungan semakin tinggi prestasi belajar geografi yang dicapai begitu juga sebaliknya.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 22 Jan 2016 04:28 |
Terakhir diubah: | 22 Jan 2016 04:28 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18681 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |