PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN TERHADAP KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS BAWAH DI SD NEGERI 1 PATOMAN

0613051035, TRI BUDI HARIYANTO (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN TERHADAP KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS BAWAH DI SD NEGERI 1 PATOMAN. TRI BUDI HARIYANTO.

[img]
Preview
FIle PDF
0613051035-abstrak.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
0613051035-kesimpulan.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
0613051035-pendahuluan.pdf

Download (42Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan bermain terhadap kebugaran jasmani siswa kelas bawah di SD Negeri 1 Patoman setelah pemberian perlakuan selama 16 kali pertemuan dengan frekuensi latihan tiga kali dalam seminggu. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah sebagai sumbangan pemikiran untuk guru pendidikan jasmani dalam memberikan tugas gerak pada saat pembelajaran pendidikan jasmani guna meningkatkan kebugaran jasmani siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Sampel yang digunakan sebanyak 40 siswa yang diambil dari populasi kelas bawah yang berjumlah 136 siswa, dibagi menjadi dua kelompok yaitu 20 siswa kelompok eksperimen dan 20 siswa kelompok kontrol pembagian kelompok berdas . Instrumen atau alat yang digunakan dalam pengukuran kebugaran jasmani siswa kelas bawah adalah Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) untuk anak usia 6-9 tahun. Pada data tes awal kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 12,4 termasuk kedalam kategori kurang (K) dan pada data tes akhir kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 20,35 termasuk kedalam kategori baik (B). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pendekatan bermain dapat meningkatkan kebugaran jasmani yang signifikan, pada kelompok eksperimen SD Negeri 1 Patoman. . Berdasarkan hasil penelitian maka penulis menyarankan kepada guru pendidikan jasmani harus lebih kreatif dalam menciptakan bentuk-bentuk permainan untuk diterapkan atau disesuaikan dengan materi pembelajaran pendidikan jasmani dalam rangka mengoptimalkan proses pembelajaran pendidikan jasmani. Berikan kesempatan kepada siswa untuk lebih banyak melakukan aktivitas gerak yang mereka senangi dan guru berusaha untuk mengarahkan kepada perbaikan kebugaran jasmani.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 22 Jan 2016 04:29
Terakhir diubah: 22 Jan 2016 04:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18692

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir