0613052023, FITRI SARI (2016) MENGUBAH S I KAP DAN KEBI AS AAN BELAJ AR BURUK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNI K OP ERANT CONDI T I ONI NG PADA S I S WA KELAS I X S MP NEGERI 2 0 BANDAR LAMP UNG TAHUN AJ ARAN 2 0 1 0 - 2 0 11. Digilib Library.
|
File PDF
0613052023-ABSTRAK.pdf Download (147Kb) | Preview |
|
|
File PDF
0613052023-KESIMPULAN.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
0613052023-PENDAHULUAN.pdf Download (76Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah sikap dan kebiasaan belajar buruk siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah sikap dan kebiasaan belajar buruk dapat diubah dengan menggunakan teknik operant conditioning pada siswa kelas IX SMP Negeri 20 Bandar Lampung tahun ajaran 2010-2011?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan sikap dan kebiasaan belajar buruk siswa dengan menggunakan teknik operant conditioning pada siswa kelas IX SMP Negeri 20 Bandar Lampung tahun ajaran 2010-2011. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pre experimental design jenis one group pre test and post test design. Subjek penelitian sebanyak 4 siswa kelas IX yang memiliki sikap dan kebiasaan belajar buruk. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket PSKB (Pengungkap Sikap dan Kebiasaan Belajar), wawancara, dan observasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa sikap dan kebiasaan belajar buruk siswa dapat diubah dengan menggunakan teknik operant conditioning, hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data dengan menggunakan uji t (t-test), dari hasil pre test dan post test yang diperoleh t hitung = 8,82 > t tabel = 2,353 maka, Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya sikap dan kebiasaan belajar buruk dapat diubah dengan menggunakan teknik operant conditioning. Simpulan dalam penelitian ini adalah sikap dan kebiasaan belajar buruk siswa dapat diubah dengan menggunakan teknik operant conditioning pada siswa kelas IX SMP Negeri 20 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2010-2011. Yang ditunjukkan dengan adanya perubahan sikap dan kebiasaan belajar siswa menjadi baik. Saran yang diberikan adalah (1) kepada siswa untuk senantiasa menghindarkan sikap dan kebiasaan belajar yang buruk dengan cara pemberian reinforcement yang dilakukan oleh diri sendiri, (2) kepada guru bimbingan dan konseling hendaknya mencoba menggunakan teknik operant conditioning untuk mengubah sikap dan kebiasaan belajar siswa yang buruk dengan memberikan reinforcement, (3) kepada peneliti selanjutnya hendaknya dapat melakukan penelitian mengenai masalah dan subyek yang sama tetapi dengan menggunakan layanan, pendekatan, dan teknik yang berbeda.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 22 Jan 2016 04:29 |
Terakhir diubah: | 22 Jan 2016 04:29 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18694 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |